Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15MinutesCooking di Jakarta, Sedia Hamper Jajan Pasar Kemasan Cantik

KOMPAS.com - Jajan pasar yang biasa dikemas sederhana, kini dapat dibuat menjadi cantk. 

15MinutesCooking merupakan salah satu toko daring yang mengemas jajan pasar menjadi lebih menarik.

Toko ini menjual beragam hamper jajan pasar dengan hiasan bunga serta penataan yang unik. Bahkan terdapat pula jajan pasar yang ditata layaknya kue tart.

  • Asal-usul Jajan Pasar Indonesia, Makanan Antargenerasi yang Lestari
  • 2 Kategori Jajan Pasar Indonesia dan Filosofinya
  • 3 Beda Jajan Pasar Manis dan Gurih, Bukan Cuma Rasa

Melalui wawancara daring, Wita Lawin, pemilik usaha hamper jajan pasar 15MinutesCooking  membagikan kisahnya berjualan kue tradisional dengan tampilan nan unik ini. 

Awalnya berjualan

Dalam wawancara daring, Wita menjelaskan bahwa mulanya ia tak berjualan kue atau jajan tradisional. Melainkan sayuran potong siap masak. 

Sayuran tersebut sudah dilengkapi dengan bumbu halus, jadi pembeli bisa langsung memasaknya. 

"Awalnya tuh justru saya bukan dagang kue dan jajanan tradisional. Dulu itu awalnya tahun 2014 itu, saya jualnya sayuran potong siap masak," jelas Wita kepada Kompas.com (30/09/2021).

"Jadi, pelanggan bisa pesan sayuran potong siap masak. Bumbunya sudah dibuat. Bumbunya yang kita haluskan, bukan bumbu instan," tambahnya.

Karena yang dijualnya dapat membuat proses memasak lebih cepat, Wita pun lantas memberi nama usahanya dengan nama 15MinutesCooking. 

"Mereka sudah tinggal masuk-masukin saja. Masaknya enggak lebih dari 15 menit. Makanya nama usahanya dulu 15MinutesCooking," kata Wita.

Lambat-laun usaha Wita semakin ramai. Lalu, Wita pun melebarkan sayap dengan berjualan masakan matang serta paket kembulan sesuai permintaan pelanggannya. 

Dari sinilah usahanya semakin berkembang. Permintaan dari pelanggan selalu dijadikan motivasi Wita untuk belajar sekaligus mengembang produk yang dijual. 

  • 3 Cara Membuat Jajan Pasar agar Tidak Gampang Basi, Perhatikan Jenis Santan
  • 4 Cara Membuat Jajan Pasar Menarik Tanpa Menghilangkan Keasliannya

Suatu ketika ada pelanggan Wita yang memintanya untuk berjualan jajan pasar untuk snack pendamping. Hal tersebut pun diterima oleh Wita secara positif. 

Kemudian, Wita pun mulai belajar membuat jajan pasar dengan melihat dari Youtube.

"Sejauh ini saya otodidak, enggak kursus. Lihat-lihat di Youtube, terus praktik," ungkap Wita.

Tak disangka, usahanya justru semakin ramai. Bahkan seiring berjalannya waktu, produk yang dibuat pun terus bertambah.

"Jadi awalnya bukan niat jualan kue tradisional. Karena awalnya saya justru jualan sayuran potong siap masak. Terus, makin ke sini, yang dulunya cuma kue tampah, jajan pasar kayak jualan lupis, cenil, sawut. Makin ke sini, makin nambah-nambah terus, jadi bikin ini, bikin itu," jelas Wita. 

Keunikan hamper jajan pasar 15MinutesCooking

Berbeda dengan hamper jajan pasar kebanyakan yang hanya dikemas menggunakan tampah. Di 15MinutesCooking pengemas hamper jajan lebih unik. 

Selain menambahkan bunga, beberapa hamper jajan pasar di 15MinutesCooking juga dikemas dengan barang yang melekat pada menunya. 

"Misalnya waktu itu saya jualan putu mayang, saya kirimnya pakai piring yang enamel. Pernah juga pesanan cendol, itu saya kirim sama gelas-gelas khas abang cendol itu yang tinggi terus ada garis-garisnya," jelas Wita. 

  • Resep Es Cendol Goyobod, Pakai Tepung Hunkue
  • Cara Membuat Cendol Sendiri di Rumah, Resep dari Koki Hotel

Usaha hamper jajan pasar ini baru digeluti Wita sekitar tahun 2018. Namun karena pengemasan unik banyak pelanggan yang menyukainya, sekalipun harganya sedikit mahal. 

"Jualan jajan pasar itu belum lama, baru 2018. Cuma waktu itu mungkin yang membuatnya berbeda itu bagaimana saya mengemasnya," ungkap Wita. 

"Ternyata buat beberapa pelanggan saya, walau cost-nya lebih tinggi ini unik. Jadi, semacam ada petualangan mengonsumsi makanan tradisional yang unik gitu untuk mereka," tambahnya.

Di 15MinuteCooking kamu dapat memesan beragam sajian. Tak hanya jajan pasar, ada pula asinan, nasi liwet, serta paket buah potong untuk parcel orang sakit.  

"Macam-macam sebenarnya, ada hamper buah, Grazing box, jadi Grazing Box itu alternatif kirim buah buat orang sakit. Kan di rumah sakit itu orang enggak sempat potong-potong buah. Jadi isinya ada potongnya, ada pudingnya, ada sandwich-nya, dan rotinya, terus diatur di satu tempat," terang Wita. 

  • Bikin Kreasi Jajan Pasar, Jangan Lupa 3 Hal Penting Ini
  • Resep Puding Jagung Tanpa Santan, Jajan Pasar Jadul

Selain itu, masih banyak pula sajian lainnya, di antaranya putu mayang, serabi, lemper, cendol, dan asinan.

Hamper jajan pasar di 15MinutesCooking diberi harga mulai dari Rp 170.000.

"Hamper itu harganya mulai dari Rp 170.000, isi putu mayang 10. Itu cukup best seller, karena dia masuk dalam kategori hamper yang harganya masuk akal," ungkap Wita.

Di samping itu, 15MinutesCooking juga melayani pesanan sesuai kebutuhan. Jadi, kamu bisa memesan beragam hamper jajan pasar dengan isian sesuai selera. 

  • Apa Beda Putu Mayang dengan Petulo? Kue Tradisional Berbentuk Mi Gulung
  • Resep Putu Mayang, Kue Tradisional Khas Betawi

Bentuk pengemasan atau packaging-nya pun bisa request sesuai kebutuhan. Bahkan bisa juga memesan beragam sajian dengan bentuk kue tart.

"Jadi, kayak si putu mayang bisa dibikin tart, mie bisa dibikin tart, terus nasi, terus roti jala. Roti jala itu best seller. Sebenarnya semua bisa dibikin tart, itu sebenarnya bisa jadi pengganti atau alternatif buat cake tart, birthday cake. Mereka akhirnya mengarahnya ke situ," jelas Wita. 

Apabila ingin memesan kamu dapat menghubungi langsung melalui Instagram @15minutescooking_ind.

Saat ini mereka melayani pengiriman sekitar area Jabodetabek. Kendati demikian, ada beberapa jajan pasar yang dapat dikirim keluar kota, misalnya putu mayang dan lupis. 

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/04/210900675/15minutescooking-di-jakarta-sedia-hamper-jajan-pasar-kemasan-cantik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke