Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Resep Makanan dari Ketan Hitam, Ada Bubur Manis dan Bolu Kukus

KOMPAS.com - Ketan hitam merupakan salah satu biji-bijian yang banyak diolah menjadi beragam hidangan. Bisa diolah jadi makanan seperti kue dan bubur atau minuman.

Kalau kamu punya stok ketan hitam di rumah dan bingung mau memasaknya jadi apa. Ikuti rekomendasi 15 resep olahan dari ketan hitam berikut ini.

Bahan dan cara membuat bolu ketan hitam kukus terbilang mudah. Hanya perlu mengikuti lima langkah masak saja. Kamu sudah bisa menyajikan bolu lembut dan mengembang di rumah.

Nikmati bolu ketan hitam kukus dengan gula halus atau es krim vanila sebagai toppingnya.

Bolu ketan hitam panggang bisa kamu sajikan sebagai makanan dari tepung ketan hitam yang mudah dibuat.

Resep bolu ketan hitan panggang ini menambahkan santan dalam campuran adonan bolu agar hasilnya lebih lembut dan gurih.

3. Resep lupis ketan hitam kukus

Pada resep lupis ketan hitam kukus ini tidak perlu membutuhkan banyak waktu. Kamu hanya perlu mengaron dan mengukus adonan selama satu jam saja.

Cara membuat lupis ketan hitam ini tidak menggunakan air kapur sirih. Jadi, kamu hanya perlu merendam beras ketan dengan air biasa agar empuk saat diolah.

Bosan dengan kue kering yang itu-itu saja? Kue kering jahe dan tepung ketan ini bisa kamu buat untuk camilan unik di rumah.

Resep kreasi kue kering jahe ini dicampur dengan tepung ketan hitam yang membuat rasanya berbeda dan cukup unik.

Madu mongso merupakan jajanan tradisional yang biasanya ada saat Lebaran di beberapa wilayah di Jawa Timur.

Madu mongso terbuat dari tape ketan hitam yang membuat rasanya manis legit. Ada tips membuat madu mongso agar tidak keras yaitu gunakan ketan hitam dengan kualitas baik.


6. Resep bolu kukus susu ketan hitam

Bolu ketan hitam biasanya menggunakan santan sebagai bahan cair. Namun pada resep bolu ketan hitan kukus ini tidak menggunakan santan.

Mengganti penggunaan santan dengan susu yang membuat bolu ketan ini tetap terasa lembut dan gurih. Sajikan bolu ketan kukus tanpa santan sebagai camilan saat bersantai di rumah.

Kue putu ayu bisa dibuat dengan menambahkan tape ketan hitam. Jajanan tradisional ini bisa kamu hidangkan di rumah atau jadikan ide jualan.

Cita rasa dari kue putu ayu tape ketan hitam ini terasa lezat. Cocok buat kamu yang suka dengan tape ketan hitam manis legit.

Getas merupakan jajanan tradisional khas Surabaya. Memerlukan enam bahan untuk membuat getas ketan hitam, di antaranya tepung ketan hitam dan putih, kelapa parut, dan santan.

Makanan dari tepung ketan hitam ini memiliki lapisan dari campuran gula pasir dan air yang membuatnya terasa manis legit. Cocok untuk teman ngopi.

Ada enam langkah masak untuk membuat kue bugis ketan hitam. Pada resep kue bugis ketan ini mencampurkan bahan seperti tepung ketan hitam dan putih untuk membuat adonan kulitnya.

Sebagai isiannya, kue bugis ketan ini menggunakan kelapa parut dan pasir yang membuat rasanya manis. Makanan dari tepung ketan hitam ini bisa kamu buat untuk kudapan manis yang praktis di rumah.

10. Resep bubur ketan hitam sederhana

Punya stok beras ketan hitam di rumah? Buat menjadi bubur manis yang legit.

Resep bubur ketan hitam ini terbilang cukup sederhana. Tekstur dari bubur ketan hitam ini juga didominasi tekstur embut. Rasanya cukup gurih dengan campuran saus santan di atasnya.

Masih dengan olahan ketan hitam menjadi bubur. Pada resep bubur ketan hitam ini menambahkan potongan roti tawar dan kacang hijau. Mirip dengan menu bubur ketan ala pedagang favoritmu.

Ada cara memasak ketan hitam agar empuk yaitu rendam beras ketan dengan air bersuhu ruangan semalaman. Setelah itu, rebus hingga empuk.

12. Resep bubur candil tepung ketan hitam

Bukan hanya bubur ketan hitam saja yang biasanya ada di pedagang jajanan. Namun juga bubur candil tepung ketan hitam.

Ada tiga bahan membuat candil ketan hitam yaitu tepung ketan hitam, air hangat, dan garam. Candil disajikan dengan bubur sumsum dan saus santan yang membuatnya terasa gurih dan manis.

13. Resep bubur kacang hijau ketan hitam

Resep bubur kacang hijau ketan hitam ini memiliki tekstur bubur yang kental, creamy, dan rasanya yang manis. Cocok untuk disuguhkan kapan saja.

Sebelum digunakan, rendam semalam ketan hitam dan rendam selama dua jam kacang hijau agar empuk saat diolah dengan bahan lainnya.

Wajik merupakan jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan, santan, dan gula.

Pada resep wajik yang satu ini, menanggunakan beras ketan hitam dan kacang mede goreng untuk topping di atasnya.

15. Resep chiffon ketan hitam

Makanan dari tepung ketan hitam ini bisa kamu buat dengan mengikuti lima langkah masak saja.

Menggunakan bahan sederhana seperti santan, susu kental manis, tepung terigu, telur, dan baking powder.

Kamu bisa menyajikan chiffon ketan hitam dengan es krim vanila sebagai toppingnya di akhir pekan.

https://www.kompas.com/food/read/2021/08/07/121300275/15-resep-makanan-dari-ketan-hitam-ada-bubur-manis-dan-bolu-kukus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke