Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Sukses Jualan Jajan Pasar biar Makin Laris

KOMPAS.com - Bila kebetulan sedang mencari ide jualan, jajan pasar bisa menjadi salah satu pilihan.

Sebab, kue tradisional masih sering disajikan di acara spesial atau sebagai camilan harian.  

Meski peminatnya cukup banyak, tetapi berjualan jajan pasar tidak boleh asal-asalnya. Ada beberapa hal sederhana yang harus dilakukan supaya usaha jajan pasar makin laris. 

Dikutip dari buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner Volume 13: Camilan, Kue Kering, Kerupuk & Jajan Pasar ala Rumahan" oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada, berikut tips sukses usaha jajan pasar yang dapat dipraktikkan.

Sebagai awalan, kamu dapat memulai berjualan dengan modal kecil. Mulailah dengan menjual jajan pasar yang bahannya murah dan mudah cara buatnya, contohnya kue cucur.

Bila ternyata peminatannya makin banyak, coba tambah bahan dan varian jajan pasarnya. Dengan begitu usaha jajan pasarmu akan makin berkembang. 

2. Tentukan target pembeli 

Pastikan dulu siapa pembeli yang ingin disasar. Sebab, masing-masing usia dan karakter memiliki preferensi yang berbeda. 

Bila targetmu milenial, jajan pasar bisa dikemas lebih kekinian. Cara sederhannya, yakni dengan menambahkan hiasan pada sajian atau kemasannya. 

Selain memengaruhi sajiannya, penetuan target pembeli juga dapat membantu menetapkan harganya. Misalnya untuk kalangan menengah atau kalangan atas. 

Lebih jauhnya lagi, penentuan target pembeli pun dapat membantu pemilihan tempat jualan. 

3. Modifikasi dengan bahan modern 

Kue tradisional dapat dimodifikasi dengan bahan modern supaya lebih menarik. Cara ini dapat dipratikkan bila target marketmu milenial. 

Bila ingin lebih mewah, kamu dapat membuat jajan pasar dengan bahan-bahan premium. Namun, supaya tetap untung, harganya harus disesuikan kembali. 

Beberapa jajan pasar memiliki cerita atau sejarah dibaliknya. Hal tersebut dapat kamu manfaatkan untuk menarik minat pembeli. 

Khususnya bila kamu ingin mencoba jajan pasar yang dikemas untuk acara spesial. 

Sebagai contoh, saat seseorang memesan jajan pasar untuk hantaran pernikahan, kamu dapat membuat wajik atau jadah.

Dua hidangan kerap digunakan sebagai hantaran pernikahan di beberapa wilayah Jawa Tengah.

Sebab, menurut mitos jajanan tersebut bisa merengkakan pasangan,  jadi pernikahannya makinlanggeng. 

5. Buat menu kue tradisional orisinal 

Coba cari kembali resep kue tradisional orisinal untuk menarik minat pembeli. Hadirkan menu-menu yang masih jarang ditemui supaya pembeli penasaran ingin mencobanya. 

Jika bingung mencari referensinya, kamu dapat menelusuri aneka varian jajan pasar di tiap daerah. Sebab, biasanya masing-masing daerah memiliki menu jajan pasar yang berbeda.

Buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner Volume 13: Camilan, Kue Kering, Kerupuk & Jajan Pasar ala Rumahan" oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada dapat dibeli online di Gramedia.com

 

https://www.kompas.com/food/read/2021/06/11/211100575/5-tips-sukses-jualan-jajan-pasar-biar-makin-laris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke