Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Bumbu Pecel Madiun Kemasan Pakai Kurma, Alternatif Pengganti Gula

KOMPAS.com - Pecel sayur adalah salah satu makanan diet yang nikmat. Namun, bumbu pecel terkadang terlalu manis dan dihindari orang yang diet gula.

Hal ini diakali oleh Elian Giovani Dea Consetta dari Madiun, Jawa Timur, yang berinovasi membuat bumbu pecel lebih sehat.

Ia mengganti gula dengan kurma dan garam biasa dengan garam himalaya. Merek bumbu pecel buatan Elian ini adalah Saqurma.

"Saqurma itu akronim dari Sambal Kurma, karena menggunakan kurma sebagai pengganti gula," kata Elian dikutip dari Surya.co.id

Ia membuat tiga varian rasa bumbu pecel yaitu Pedas, Sumer (sedang), dan Diet Pecel.

Varian Diet Pecel jadi produk andalannya. Sebab selain menggunakan kurma dan garam himalaya, sambal pecelnya juga rendah kalori.

"Saya pakai jenis Kurma Sukkari atau Kurma Raja. Menurut saya, rasanya paling mendekati gula merah," kata Elian.

"Produk saya tidak pakai minyak sama sekali. Jadi kacangnya juga kacang oven, bahan lain disangrai," jelasnya.

Saqurma dijual dengan harga mulai Rp 11.000 - Rp 13.000 per 150 gram. Sambal pecel ini bisa dibeli melalui e-commerce atau nomor whatsapp yang tertera pada media sosial Saqurma.

Konsumen Saqurma saat ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti Malang, Surabaya, Jakarta, dan Jambi.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Saqurma, Sambal Pecel Berbahan Dasar Kurma Sebagai Pengganti Gula, Ada 3 PIlihan Rasa, 

https://surabaya.tribunnews.com/2021/02/19/saqurma-sambal-pecel-berbahan-dasar-kurma-sebagai-pengganti-gula-ada-3-pilihan-rasa?page=all. 

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Titis Jati Permata

https://www.kompas.com/food/read/2021/02/26/091800975/ada-bumbu-pecel-madiun-kemasan-pakai-kurma-alternatif-pengganti-gula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke