Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tempat Makan di Yogyakarta dengan Pemandangan Alam Cantik

Pengunjung dibawa menikmati pemandangan alam yang sejuk sembari menyantap sajian lezat.

Pemandangannya bermacam-macam, ada sawah, sungai, pantai, pegunungan hingga Candi Prambanan. Berikut 8 rumah makan di Yogyakarta dengan pemandangan yang indah:

Dengan konsep kafe pinggir sawah, lokasi Marisini Coffee cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Jaraknya lebih kurang 10 kilometer dari Malioboro.

Marisini Coffee berkonsep modern yang menawarkan suasana desa nan asri. Pemandangan sawah yang asri membentang di area belakang kafe. Terdapat bangunan semi Joglo dengan nuansa putih, menambah unik kafe ini.

Jika ingin berkunjung ke Marisini Coffee, dianjurkan untuk datang saat golden hour atau jam-jam saat matahari terbenam.

Marisini Coffee menyediakan tempat duduk di dalam ruangan, di teras, bahkan di samping sawah jika ingin lebih merasakan suasana alamnya.

Kafe ini berada di Jalan Sidomukti, Tiyasan, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Kafe pinggir sawah ini menyediakan hidangan minuman dan makanan yang ringan hingga berat. Di antaranya adalah Kopi Susu Papa Marisini, Ice Coffee Nutella, Roti Kukus Sarikaya, dan Nasi Kebuli Merah.

Harga makanan dan minuman di Marisini Coffee mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 33.000.

Kalau restoran satu ini berada di kawasan yang terkenal dengan pemandangan kota Yogyakarta yang menawan. Kopilimo berada di Bukit Bintang Gunung Kidul Yogyakarta.

Di sana pengunjung bisa menikmati racikan kopi arabika maupun robusta yang dicampur dengan rempah seperti Jahe sehingga bisa menghangatkan tubuh.

Kopi andalan dari restoran ini adalah kopi rempah. Secangkir kopi rempah dibandrol dengan harga Rp 15.000 plus dengan keripik singkong yang berasal dari Gunungkidul.

Uniknya lagi, kopi yang disajikan berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Bali, dan Temanggung, Jawa Tengah.

Pemandangan kota Yogyakarta saat malam hari terlihat seperti bintang jika dipandang dari kafe ini.

Gemerlap lampu kota Yogyakarta sangat cantik. Jika kamu datang saat terang, pemandangannya juga tak kalah apik.

Masih di kawasan Bukit Bintang, restoran yang menawarkan pemandangan romantis lainnya adalah The Manglung.

Restoran ini menawarkan banyak spot untuk foto yang disediakan untuk memanjakan pengunjung. Berbagai makanan dan minuman bisa dipesan dengan harga Rp 15.000-Rp 60.000.

Makanan yang ditawarkan ada nasi goreng, sop, soto betawi, brongkos, dan rawon. Selain itu, juga ada ayam goreng bacem khas pedesaan.

Selama masa pandemi The Manglung hanya buka pukul 15.00 WIB-22.00 WIB.

Kalau kamu mencari restoran yang menawarkn pemandangan ikon Yogyakarta seperti Gunung Merapi dan Candi Prambanan, di sini tempatnya.

Kamu dapat melihat megahnya Candi Prambanan dari tempat ini. Kalau kamu datang saat cuaca cerah, kamu akan melihat pemandangan Gunung Merapi yang berada di sisi utara Spot Riyadi.

Selain menawarkan pemandangannya yang cantik. Di sini kamu bisa memesan mi ayam dengan toping daging ayam yang cukup tebal. Lalu juga aneka masakan sayur dan ikan.

Spot Riyadi berlokasi di Jalan Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Waktu bukanya adalah setiap hari pukul 06.00–21.00 WIB.

5. Watoe Gajah

Kalau tempat makan satu ini menyuguhkan sajian tradisional khas Yogyakarta dengan pemandangan pedesaan yang kental.

Pengunjung bisa menikmati suasana pedesaan dan bisa bermain air di aliran sungai kecil di area rumah makan. Kalau tidak panas kamu juga bisa menikmati makanan dengan lesehan di area outdoor.

Hidangan yang ditawarkan mulai dari Nasi Peggel khas Kebumen, sop ayam, ayam goreng, dan aneka jajanan tradisional lainnya.

Watoe Gajah berada di Jalan Plumbon Raya, Sleman. Rumah makan ini melayani pengunjung dari pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

Jika datang dari arah Yogyakarta, saat memasuki kawasan Patuk kamu akan terlihat bangunan megah, itulah HeHa Sky View.

Restoran ini berada di Jalan Dlingo-Patuk, Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

HeHa Sky View memiliki pemandangan luas kawasan Yogyakarta. Berbagai spot foto juga ada dengan konsep modern.

Saat malam hari bisa menyaksikan kelap-kelip lampu wilayah Kecamatan Piyungan, Bantul sampai kota Yogyakarta dan sekitarnya. Untuk menuju ke sana, pengunjung bisa melalui jalur Patuk-Dlingo.

Sajian yang dihidangkan seperti bakmi godog patuk, piza, spageti, hingga nasi goreng kampung. Harga yang ditawarkan mulai Rp 35.000 hingga Rp 125.000.

7. Sop Wijilan

Restoran Sop Wijilan menghadirkan sensasi menyentap unik untuk para pengunjungnya. Pelanggan bisa menikmati makanan di sungai dangkal dengan kedalaman se-mata kaki.

Pengunjung bisa merandam kakinya sambil menikmati pemandangan yang asri.

Sajian yang ditawarkan adalah makanan khas Indonesia seperti seperti sup ayam, Ayam Tampah, mi ayam, dan nasi brongkos.

Nasi brongkos merupakan makanan khas Yogyakarta disajikan dengan aneka sayuran seperti kentang, buncis, dan kacang merah.

Rumah makan ini berada di Jalan Wonosari KM 11 (sebelah timur jembatan Kali Opak). Kamu bisa berkunjung pada hari Sabtu dan Minggu mulai jam 07.00 WIB sampai habis.

Tak hanya tawarkan makanan, di sini kamu juga bisa melihat keindahan perbukitan dari ketinggian sembari merasakan semilir angin.

Bagi pemburu sunset, tempat ini merupakan salah satu spot terbaik melihat indahnya matahari terbenam di Yogyakarta.

Watu Langit Jogja Coffee terletak di Mlakon, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Letaknya tidak jauh dari Tebing Breksi.

Berbagai pilihan menu disediakan di sana, mulai dari kopi manual brew, wedang, hingga gorengan. Harga kopi manual brew mulai dari Rp 8.000, wedang mulai Rp 5.000, dan gorengan Rp 2.000.

Tempat ngopi ini buka setiap Selasa–Minggu pukul 11.00–21.00 WIB. Setiap Selasa–Kamis pukul 11.00–15.00 WIB kamu bisa mendapatkan gorengan gratis.

https://www.kompas.com/food/read/2020/12/25/201211675/8-tempat-makan-di-yogyakarta-dengan-pemandangan-alam-cantik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke