Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Es Krim Sedunia, Mengenal 5 Toko Es Krim Tertua di Amerika Serikat

KOMPAS.com - Es krim sudah lama dikenal di lingkungan bangsawan Amerika Serikat, makanan ini juga sudah dijual sejak dahulu kala di negara ini.

Sehingga pada Minggu ketiga pada Juli, dijadikan hari es krim nasional di Amerika Serikat. Perayaan ini telah berlangsung sejak 1984.

Berikut ini toko-toko tertua yang menjual es krim di Amerika Serikat yang sampai sekarang masih melayani pembeli, seperti dilansir dari Food and Wine.

Letak: di Oakland, California

Toko ini adalah toko es krim tertua yang masih terus beroperasi sampai saat ini di sebelah barat Missisippi, namun pada 2001 sempat terhenti akibat peristiwa kebakaran yang terjadi.

Elbridge Fenton, pada 1894 mendirikan perusahaan yang memproduksi susu skala rumahan.

Kemudian jumlah produksi meningkat, Fenton memutuskan untuk memindahkan lokasi produksi ke Piedmont Ave pada tahun 1961, di tahun ini es krim mulai dibuat.

Namun ada cerita lain mengatakan jika es krim fenton dibuat pertama kali pada tahun 1929. Es krim fenton pertama kali adalah hasil ekperimen yang dibuat oleh karyawannya. Produk es krim itu dinamai Rocky Road.

Lokasi: New Orleans, Los Angeles

Pada masa lalu, gelato belum dikenal di Amerika. Kemudian gelato diperkenalkan oleh Anglo Brocato seorang ahli gelato yang tiba di New Orlaeans dari Sisilia.

Menu yang menjadi populer di tempat ini adalah torroncino, gelato vanila dengan kayu manis dan irisan kacang almond. Resep torroncino adalah menu legendaris tempat ini sejak 1905.

3. Bassetts Ice Cream

Lokasi: Philadelphia, Pennsylvania

Toko es krim Basset sudah ada sejak 154 tahun yang lalu, dan telah berlokasi di Reading Terminal Market sejak tahun1982.

Pada tahun 1861, tempat ini didirikan oleh Quaker Lewis Dubois Bassett yang berprofesi sebagai seorang guru. Kini usaha ini sudah diturunkan kepada anak cucunya.

Toko es krim ini selalu dikunjungi oleh wisatawan yang mencari es krim berlemak. Rasa es krim yang dijual di toko ini yakni vanila, cokelat, kayu manis, rum raisin dan guatemala ripple.


4. Doumar’s

Letak: Norfolk, Virginia

Es krim yang disajikan di dalam cone adalah produk yang dijual di toko es krim legendaris ini. Toko es krim ini diciptakan oleh Abe Doumar di Pulau Coney, sebelum pindah ke Norfolk, Virginia di tahun 1907.

Mesin pembuat cone yang digunakan masih sama sejak dahulu. Awalnya cone tercipta sebab keisengan Doumar yang kala itu kehabisan mangkuk untuk membeli es krim, kemudian ia membeli waffle untuk membungkus es krim.

Lokasi: Savannah, Georgia

Toko ini didirikan oleh tiga bersaudara dari Yunani pada tahun 1919.

Pada tahun 1969, toko ini sempat ditutup sebab pemilik aslinya meninggal. Kemudian, Leopold diserahkan ke tangan Stratton Leopold, putra dan keponakan pemiliknya.

Stratton sendiri berprofesi sebagai produser di Hollywood, sehingga interior toko ini diisi dengan peralatan perfilman.

Lokasi toko es krim dengan interior perfilman tersebut adalah lokasi kedua toko ini. Kabarnya Leopald kembali menggunakan lokasi pertama yang dipakai oleh ayah dan pamannya sebagai toko yang kedua pada tahun 2017.

https://www.kompas.com/food/read/2020/07/19/120528675/hari-es-krim-sedunia-mengenal-5-toko-es-krim-tertua-di-amerika-serikat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke