Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Resep Menu Sarapan Praktis dan Enak ala TikTok, Masak Tanpa Ribet

Banyak akun di TikTok yang membagikan aktivitasnya memasak aneka makanan kreatif, lengkap dengan resep dan cara pembuatannya yang sangat praktis.

Berikut ini resep masak praktis yang bisa kamu temukan di TikTok seperti yang sudah Kompas.com rangkum.

Bahan-bahan yang ia gunakan adalah:

  • 150 gram dark cooking chocolate
  • 90 gram mentega
  • 2 butir telur
  • 150 gram gula halus
  • Sejumput garam
  • 100 gram terigu
  • 35 gram cocoa powder

Cara pembuatannya:

Pertama, ia terlihat melelehkan dark cooking chocolate dan mentega dengan menggunakan teknik double boiler. Cokelat dan mentega dilelehkan di atas piring yang diletakkan di atas panci.

Jika cokelat dan mentega sudah meleleh dan tercampur rata, sisihkan dan dinginkan. Selanjutnya, campur bahan-bahan telur, gula halus, dan sedikit garam.

Kocok adonan tersebut sampai tercampur rata menggunakan baloon whisk. Jika sudah, masukkan cokelat dan mentega yang sudah dilelehkan tadi. Campur hingga rata.

Campurkan terigu dan cocoa powder ke dalamnya dan aduk hingga rata. Ia juga mencampurkan topping berupa kacang mede atau almond dan chocochips. Kamu juga bisa melakukannya jika ada bahannya di rumah.

Tuang adonan ke dalam cetakan. Panggang di oven dengan suhu 150 derajat celsius dengan api bawah selama 35 menit. Brownies fudgy dengan resep yang simple ini pun siap disajikan.

Pertama, ia terlihat menghancurkan beberapa buah pisang sampai halus menggunakan sendok. Jika sudah hancur, campurkan tepung terigu dan aduk rata dengan pisang.

Selanjutnya potong-potong cokelat batangan dengan ukuran sesuai selera. Sisihkan cokelat batangan yang sudah dipotong cukup kecil.

Tuang tepung goreng pisang ke dalam piring. Pecahkan telur dan kocok di dalam mangkuk berbeda.

Ambil sedikit campuran pisang dan tepung, ratakan dengan tangan. Letakkan potongan cokelat batangan di atas adonan pisang. Bungkus cokelat batangan dengan adonan pisang sampai tertutup sempurna dan bentuk bulat.

Lumuri dengan telur, lalu tepung roti. Goreng bola pisang isi cokelat sampai kuning keemasan. Camilan sederhana tersebut pun siap disajikan.

Pertama, potong-potong sosis. Jumlahnya sesuaikan dengan keinginan. Lalu geprek dan cincang 4 siung bawang putih.

Kemudian potong-potong wortel, kembang kol, dan sayur kol. Rendam dengan air agar tetap segar.

Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan air, lalu tambahkan wortel dan kembang kol. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa secukupnya.

Jika sayuran sudah mulai melunak, masukkan sosis yang sudah dipotong tadi. Terakhir tambahkan sayur kol. Biarkan hingga mendidih dan sayur serta sosis di dalamnya matang sempurna.

Cara membuatnya tak sulit. Akun @mayfitkitchen memberikan resep dan cara pembuatan chicken yakiniku yang simple dan bisa kamu contoh di rumah. Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gram dada ayam filet
  • 3 siung bawang putih
  • ¼ bawang bombay
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan tepung maizena

Cara pembuatan:

Siapkan dada ayam filet. Lalu campur dengan saus tiram, kecap asin, kecap manis, dan bawang putih yang sudah diiris. Marinasi ayam dengan bumbu tersebut selama minimal 20 menit.

Jika sudah, siapkan wajan dan tuang sedikit minyak. Panaskan minyak, masukkan bawang bombay lalu masukkan ayam yang sudah dimarinasi tadi.

Jangan lupa rasakan bumbu. Jika masih terasa kurang, bisa tambahkan kecap dan bumbu lain sesuai selera.

Masukkan tepung maizena, lalu aduk rata. Masak hingga matang, dan chicken yakiniku pun siap disajikan bersama nasi panas.

Pertama, tumis bawang putih dengan minyak sampai harum. Tambahkan cabai rawit yang sudah diiris kecil-kecil.

Masukkan jamur yang sudah digoreng tepung sebelumnya. Aduk rata, lalu masukkan irisan daun bawang. Jamur cabai garam pun siap disajikan.

https://www.kompas.com/food/read/2020/06/09/203507075/5-resep-menu-sarapan-praktis-dan-enak-ala-tiktok-masak-tanpa-ribet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke