Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Zonasi di PPDB Jakarta 2024 Tak Berbasis Jarak, Ini Ketentuannya

Kompas.com - 05/06/2024, 16:12 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jalur zonasi menjadi salah satu jalur yang dibuka oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2024.

Jalur zonasi adalah jalur yang dibuka untuk mengakomodir siswa yang ingin bersekolah di sekolah negeri dekat rumahnya.

Jika ingin mengikuti PPDB DKI Jakarta 2024 lewat jalur zonasi, Dinas Pendidikan sudah mengatur ketentuan jarak yang bisa dijadikan acuan siswa untuk mendaftar.

Baca juga: Syarat PPDB Bersama Jakarta 2024, Gratis Sekolah dan Uang Gedung

Ketentuan jarak jalur zonasi PPDB DKI Jakarta 2024

Wakil Kepala Dinas DKI Jakarta Purwosusilo menjelaskan, dalam jalur zonasi ketentuan jarak yang digunakan tidak berdasarkan ukuran meter atau kilometer.

"Mendekatkan tempat dekat tempat tinggal atau domisili peserta didik dengan sekolah yang dituju. namun tidak berbasis pada berapa meter, berapa kilometer," kata Purwosusilo dikutip dari siaran YouTube JakDisdikTv, Rabu (5/6/2024).

Menurut Purwosusilo, ketentuan jarak yang digunakan dalam jalur zonasi PPDB DKI Jakarta 2024 adalah kemudahan akses untuk mencapai sekolah.

Purwosusilo menjelaskan, ketentuan jarak berdasarkan meter atau kilometer dalam jalur zonasi tidak bisa diterapkan di PPDB DKI Jakarta salah satunya karena ada hunian vertikal.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Zona Prioritas di Jalur Zonasi PPDB Jakarta 2024?

Selain itu, juga ada beberapa kelurahan yang tidak memiliki sekolah negeri baik SMP ataupun SMA.

"Maka di Jakarta ketika menentukan zonasi tidak berbasis jarak tapi berbasis akses. Tidak apa-apa agak jauh, tapi aksesnya lebih mudah," jelas Purwosusilo.

Adapun Aturan jarak dalam Jalur Zonasi untuk SD, SMP, SMA dan SMK, telah diatur dalam Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nomor 47/M/2023 Tentang Pedoman Pelaksanaan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 Tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Baca juga: Masalah Fundamental Masih Terjadi, Presiden Diminta Evaluasi Pelaksanaan PPDB

Terkait perhitungan jarak dalam jalur zonasi ada ketentuan tersendiri jarak yang diukur, bisa dari tempat tinggal, RT, RW, atau minimal dari jarak desa atau kelurahan ke sekolah. Hal itu tergantung pada geografis dari masing-masing daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com