Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Titik Nol Yogyakarta, Ribuan Buku Dibagikan dan Dibaca Bersama

Kompas.com - 31/05/2024, 06:32 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

KOMPAS.com - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kemendikbud Ristek, menggelar kegiatan Aksi Bulan Buku Nasional 2024 di Titik Nol Kilometer dan Jalan Malioboro, Yogyakarta, pada Kamis (30/5/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dan Hari Buku Nasional 2024.

Ada tiga jenis aksi dalam kegiatan ini. Pertama, membagikan buku dan membaca bersama di ruang publik yang dilakukan oleh pegawai Sekretariat Badan Bahasa, Balai Bahasa Provinsi DIY, Ikatan Duta Bahasa Provinsi DIY, pegiat literasi, dan masyarakat.

Dalam aksi ini, masyarakat juga dilibatkan untuk ikut membaca dan menceritakan kembali isi buku yang telah dibaca kepada orang lain.

"Dari Titik Nol, kita mulai kegiatan membaca buku untuk diri kita sendiri dan masyarakat," ujar Sekretaris Badan Bahasa Hafidz Muksin dalam keterangan resminya, Kamis (30/5/2024).

Aksi kedua yaitu hibah buku, di mana Sekretaris Badan Bahasa menghibahkan buku kepada 20 satuan pendidikan dan taman bacaan masyarakat (TBM) secara simbolis.

Buku-buku tersebut merupakan terbitan Kemendikbud Ristek dan penerbit umum.
Ketiga, yakni aksi membagikan buku bacaan bermutu kepada anak-anak atau masyarakat yang berada di sekitar lokasi Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

"Ini sebagai inspirasi bagi kita bahwa buku adalah jendela informasi pengetahuan, budaya, sastra, teknologI, dan seluruh ilmu yang ada yang dapat kita gali," ucap Hafidz.

"Dengan membaca buku, kita harapkan bisa memahami apa yang kita baca," imbuhnya.

Adapun buku yang dibagikan dalam Aksi Membaca Bersama di Ruang Publik ini berjumlah 2.460 buku, yang berasal dari PT Macanan Jaya (1.860 buku), Kompas Gramedia (300 buku), dan Ikapi (300 buku).

⁠Sementara itu, sebanyak 600 buku Kompas Gramedia dan Ikapi akan diberikan ke sekolah-sekolah di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang sudah terdata di Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta serta beberapa komunitas di DIY.

Sasarannya dibagi menjadi tiga kategori, yakni anak-anak, remaja, dan dewasa di sekitar jalan Malioboro.

Sebanyak 20 satuan pendidikan, taman bacaan masyarakat, pegiat literasi, dan masyarakat menerima buku bacaan bermutu secara simbolis yang dihibahkan oleh Badan Bahasa pada Kamis (30/5/2024) di Yogyakarta.Dok. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Sebanyak 20 satuan pendidikan, taman bacaan masyarakat, pegiat literasi, dan masyarakat menerima buku bacaan bermutu secara simbolis yang dihibahkan oleh Badan Bahasa pada Kamis (30/5/2024) di Yogyakarta.

Untuk diketahui, Aksi Membaca Bersama di Ruang Publik ini bertujuan untuk memantik kesadaran publik tentang pentingnya membaca buku sebagai pembuka cakrawala pengetahuan; dan mendorong kolaborasi berbagai pihak dalam penyediaan buku bermutu melalui hibah buku dan berbagi buku bacaan.

Selain itu, untuk menyebarluaskan informasi tentang Merdeka Belajar Episode Ke-23: Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia dan Hari Buku Nasional.

Aksi Bulan Buku Nasional 2024 yang mengusung tema “Baca Buku, Temukan Duniamu!” ini dilandasi dengan latar belakang pendidikan di Indonesia yang saat ini sedang menghadapi tantangan serius.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com