Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPDB Jabar 2024: Cek Dokumen yang Dibutuhkan dan Kuota Semua Jalur

Kompas.com - 30/05/2024, 07:18 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran PPDB Jabar 2024 (Penerimaan Peserta Didik Baru Jawa Barat) akan dimulai awal Juni mendatang.

Orangtua dan siswa yang mau mencari SMA/SMK di PPDB Jabar 2024, perlu tahu dokumen apa saja yang dibutuhkan.

Selain itu, orangtua dan siswa juga perlu tahu terkait jalur dan kuota per jalurnya. Sehingga saat mendaftar, sudah menentukan akan mendaftar di jalur mana yang punya peluang tinggi diterima.

Dilansir dari laman PPDB Jabar Prov, Kamis (30/5/2024) berikut informasi mengenai dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar di PPDB Jabar 2024 hingga jalur yang tersedia di jenjang SMA dan SMK hingga kuotanya.

Baca juga: 20 SMA Terbaik di DKI Jakarta, Referensi Daftar PPDB 2024

Dokumen untuk daftar PPDB Jabar 2024

1. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah program paket B/ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP atau surat keterangan telah menyelesaikan program pendidikan/kartu beserta ujian sekolah jika ijazah belum terbit.

2. Akta kelahiran/kartu identitas anak, dengan batas usia paling tinggi 21 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan dan belum menikah.

3. Kartu Tanda Penduduk orangtua peserta didik

4. Dokumen Surat Tanggung Jawab Mutlak atau Pakta Integritas orangtua yang menyatakan data calon peserta didik asli dan bersedia dikenakan sanksi jika terbukti ada pemalsuan, dibubuhi materai dan ditandatangani orangtua (format dapat diunduh pada website PPDB).

5. Calon peserta didik baru penyandang disabilitas dikecualikan dari ketentuan persyaratan batas usia dan ijazah atau dokumen lain yang menyatakan kelulusan. Kecuali bagi yang akan melanjutkan ke SMPLB dan SMALB menyertakan ijazah SDLB atau SMPLB.

Sedangkan Dokumen persyaratan khusus yang perlu dipenuhi antara lain:

1. Bagi pendaftar jalur Afirmasi KETM, prioritas terdekat (SMK) dan zonasi (SMA), kartu keluarga (KK) yang menerangkan bahwa calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 tahun.

Bagi calon peserta didik yang tinggal dengan wali/tidak tinggal dengan orangtua berlaku ketentuan:

  • Telah berdomisili paling singkat 1 tahun dibuktikan kesesuaian data kota/kabupaten pada Kartu Keluarga wali dengan sekolah asal saat kelas 9.
  • Dibuktikan dengan kesesuaian nama wali pada buku rapor/ijazah
  • Melampirkan surat kematian dari RT/RW tempat orangtua meninggal jika orangtua telah meninggal dunia
  • Melampirkan surat atau akta cerai dari instansi berwenang jika orangtua telah bercerai
  • Wajib menampilkan surat pernyataan tidak keberatan dari kepala keluarga yang menerima calon peserta didik untuk berdomisili dan tercantum dalam Kartu Keluarganya serta surat kuasa pengasuhan dari orangtua
  • Ketentuan nomor 1 sampai 5 hanya diperuntukkan bagi calon peserta didik lulusan tahun 2024. Tidak diperuntukkan bagi lulusan tahun sebelumnya dan calon peserta didik yang berasal dari SMP/MTs berasrama (boarding school).


Baca juga: Cara Daftar PPDB Jabar 2024 dan Jadwalnya untuk Tahap 1 dan 2

Jalur PPDB Jabar 2024 SMA/SMK dan kuotanya

Untuk jalur PPDB Jabar 2024 SMA pilihannya:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com