Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amazon Web Service Buka Pendaftaran Beasiswa Kursus AI, Pelajar Bisa Daftar

Kompas.com - 02/04/2024, 17:14 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform Amazon Web Service (AWS) membuka pendaftaran beasiswa untuk memberikan kesempatan pada pelajar belajar tentang kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Dikutip dari laman resmi AWS, beasiswa itu memungkinkan pelajar secara global mempelajari keterampilan AI dasar untuk mempersiapkan karier di bidang teknologi.

"Bersiaplah untuk berkarier di bidang AI dengan akses ke beasiswa, pembelajaran langsung, dan mentor bagi pelajar yang kurang mendapatkan layanan atau kurang terwakili dalam teknologi," demikian yang tertulis di laman resmi AWS.

Baca juga: 5 Rekomendasi AI untuk Bantu Cek Typo, Grammar hingga Cari Ide

Beasiswa ini akan memberikan beberapa keuntungan bagi penerimanya mulai dari kursus perkenalan generatif AI dengan AWS senilai 250 USD atau Rp 3,9 juta.

Selain itu, penerima beasiswa akan mendapat pelatihan berbasis keterampilan melalui Nanodegree Udacity dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 2.000 orang per tahun dan mendapat bantuan untuk mengerjakan proyek da mempelajari alat pemrograman.

Nanodegree Udacity adalah kursus online terbuka massal (MOOC) yang dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara pembelajaran dan tujuan karier.

Sebanyak 500 pelajar terbaik yang menyelesaikan Nanodegree pertama dapat memperoleh beasiswa lanjutan kedua dalam bidang Deep Learning dan menerima bimbingan dari para ahli Machine Learning (ML).

Namun, tidak semua pendaftar yang memenuhi syarat akan mendapat fasilitas Udacity. Karena pendaftar yang memenuhi syarat untuk Beasiswa AI dan ML AWS hanya diberikan akses ke pendaftaran beasiswa Udacity Nanodegree.

Kemudian Udacity akan menentukan pendaftar prakualifikasi mana yang diberi beasiswa Udacity Nanodegree.

Baca juga: 10 Beasiswa S1-S3 yang Dibuka Setelah Lebaran, Tunjangan Besar

Persyaratan beasiswa AWS

Syarat pendaftaran beasiswa ini tidak sulit yakni sebagai berikut:

1. Berusia minimal 16 tahun.

2. Berstatus sebagai pelajar aktif.

3. Merasa kurang mendapatkan layanan atau kurang terwakili dalam teknologi.

4. Dapat mendaftar (tunduk pada syarat dan ketentuan di Udacity).


Meski tampak mudah, namun pendaftar akan diminta untuk mengikuti tahapan prasyarat saat melakukan pendaftaran di link resmi AWS DeepRacer.

Nanti sistem dari AWS akan memantau proses tahapan prasyarat yang diajukan pendaftar dan kemajuan pendaftar dalam melengkapi prasyarat dilacak secara otomatis di bagian dasbor DeepRacer Student.

Jika seorang siswa berhasil melengkapi semua persyaratan, dia akan menerima email otomatis dengan kode aplikasi unik dan instruksi untuk menyelesaikan pendaftaran di Udacity.

Pada penutupan setiap periode pendaftaran, penerima yang dipilih akan menerima email dari Udacity terkait pendaftaran mereka.

Pendaftaran beasiswa AWS ini dibuka hingga 31 Mei 2024. Informasi lebih lanjyt mengenai beasiswa ini bisa langsung menyambangi laman https://aws.amazon.com/id/machine-learning/scholarship/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com