Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alumni Penerima Beasiswa LPDP Diharapkan Bisa Atasi Masalah Bangsa

Kompas.com - 31/03/2024, 13:43 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Direktur Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Dwi Larso mengatakan, saat ini jumlah alumni penerima beasiswa LPDP sudah mencapai lebih dari 21.000 orang.

Dari jumlah itu, berdasarkan data tracer alumni beasiswa LPDP, 28,1 persen di antaranya bekerja di bidang swasta dan wirausaha berkaitan dengan industri kreatif.

"Potensi orang-orang kreatif di Indonesia sudah tidak diragukan lagi dan memiliki talenta berkelas yang tersebar di seluruh pelosok nusantara," kata Dwi melalui keterangan tertulis pada Kompas.com, Sabtu (30/3/2024).

Baca juga: Beasiswa buat Calon Mahasiswa Baru, Tunjangan Rp 17,5 Juta dan Laptop

Menurut Dwi, puluhan ribu alumni beasiswa LPDP telah menjadi kelompok elit secara pendidikan, karena telah mengantongi gelar S2 dan S3.

Dia berharap para lulusan S2 dan S3 dari beasiswa LPDP bisa memberikan kontribusi untuk negara utamanya di bidang wirausaha dan industri kreatif.

"Harapannya utamanya tentu adalah kontribusi berdampak untuk mengatasi persoalan bangsa," ujarnya.

Dwi menyatakan, banyak permasalahan di Indonesia yang harus dipecahkan oleh para intelektual, maka dari itu alumni beasiswa LPDP harus bergandengan tangan dengan bangsa lainnya untuk memberikan solusi nyata atas segala permasalahan tersebut.

LPDP adakan Community of Practice

LPDP juga mengadakan Community of Practice (CoP) yang sengaja dibentuk untuk menangani area-area spesifik atau prioritas oleh para praktisi di bidangnya.

CoP menjadi sarana para praktisi dari berbagai sektor swasta, pemerintahan, akademisi, organisasi kemasyarakatan, dan masyarakat umum lainnya untuk berjejaring, berkolaborasi, dan bersinergi.

Industri kreatif dipilih sebagai tema perdana CoP yang akan membahas terkait peluang dan tantangan perfilman dan industri game di Indonesia.

Baca juga: Kapan Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 Dibuka?

Acara yang bertajuk Community of Practice in Creative Industry perdana diadakan pada Rabu (27/3/2024) secara daring.

"Menghadirkan lima narasumber yang berkompeten berbicara industri kreatif, acara ini berlangsung selama kurang lebih hampir dua setengah jam," ungkap dia.

Ke depannya, sebut dia, LPDP akan menyelenggarakan kegiatan CoP setiap bulan dengan tema lainnya, seperti Renewable Energy, Startups/Entrepreneurship, Education, Finance/Economy, dan tema lain yang akan menjadi pemantik diskusi lanjutan di setiap bidang prioritas.

Baca juga: Beasiswa buat Siswa SMA/SMK Kelas 11, Tunjangan sampai Rp 8 Juta

"Harapannya CoP bisa memberikan solusi berupa usulan kebijakan kepada pemerintah atau instansi terkait maupun aksi sosial yang langsung bersentuhan dengan akar permasalahan," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com