Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2023, 16:20 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak kegiatan yang bisa diikuti mahasiswa selain mengikuti perkuliahan.

Terlebih jadwal kuliah lebih fleksibel dibandingkan saat masa sekolah. Untuk mengisi waktu luang, lebih baik mengisinya dengan beragam kegiatan.

Tentunya kamu harus memilih kegiatan positif yang bisa menambah pengalaman dan menunjangmu saat memasuki dunia kerja kelak.

Lantas kegiatan apa saja yang bisa diikuti mahasiswa selain kuliah? Dilansir dari laman Politeknik Tempo, Minggu (10/9/2023) membagikan beberapa hal-hal yang dapat dilakukan para mahasiswa selain kegiatan di perkuliahan kelas.

Baca juga: Pengaruh Musik Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa

Kegiatan yang bisa diikuti mahasiswa selain kuliah di kelas

1. Mengikuti organisasi baik internal maupun eksternal kampus

Sebagai mahasiswa baru, perlu tahu bahwa ada dua tipe organisasi yang bisa kamu ikuti. Yaitu organisasi mahasiswa di bawah kemahasiswaan baik tingkat fakultas maupun universitas dan organisasi mahasiswa di luar kampus atau eksternal.

Mahasiswa dapat memilih organisasi sesuai bakat dan minat yang dimiliki atau bisa juga belajar hal baru. Banyak sekali manfaat jika mengikuti organisasi.

Kamu bisa memperoleh relasi yang makin luas, menambah wawasan, menanamkan rasa percaya diri, mendapatkan pengalaman berharga, belajar manajemen waktu, dan membentuk karakter seseorang.

2. Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Masing-masing perguruan tinggi tentu punya Unit Kegiatan Mahasiswa yang bisa memfasilitasi bakat dan minat para mahasiswa. Mulai dari paduan suara, pecinta alam, atau UKM di bidang penelitian, sastra, seni bahkan olahraga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com