Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3D Print Fest, Dukung Siswa SMK Berinovasi dengan Teknologi 3D Printing

Kompas.com - 07/06/2023, 20:26 WIB
Valencia Putri,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 74 siswa mempresentasikan karya-karya terbaik dengan  memanfaatkan teknologi 3D printing dalam pameran 3D Print Fest di Mbloc Space, Jakarta, Selasa (6/6/23). 

3D Print Fest merupakan kegiatan pelatihan dan workshop teknologi 3D printing untuk siswa SMK yang digelar oleh PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI).

Setiap tim perwakilan sekolah mempresentasikan karya-karya yang mereka buat, mulai dari tahap pencarian ide dan inspirasi design pembuatan alat, siapa saja target yang bisa menggunakan alat yang diciptakan, proses pembuatan alat, dan kegunaan apa saja yang dapat dihasilkan oleh alat yang diciptakan.

Mereka adalah siswa dari SMKN 26 Jakarta, SMKN 69 Jakarta, SMKN 31 Jakarta, SMKN 67 Jakarta, SMKN 2 Cimahi, SMK Islam PB Soedirman 1 Jakarta, SMKN 36 Jakarta, SMKN 54 Jakarta, dan SMK Kemala Bhayangkari 1.

Baca juga: Siswa MAN 2 Mataram Ini Raih Penghargaan Olimpiade Matematika Internasional

Salah satu tim yang mempresentasikan karya terbaik adalah Ludmila Alifa dan Anas Fakhri dari SMK Islam PB Soedirman 1 Jakarta. Keduanya membuat Automatic Wall-e Storage, yakni wadah penyimpanan barang-barang kecil seperti alat tulis. Bahkan bisa menjadi tempat sampah kering.

Alat tersebut juga diberi sensor untuk membuka dan menutup Wall-E Storage jika ada objek yang mendekat.

Direktur PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI), K. Teguh Santoso mengatakan bahwa 3D Print Fest mendorong generasi muda memanfaatkan teknologi 3D printing dalam industri pendidikan yang bermanfaat untuk seluruh lapisan masyarakat.

"Kegiatan 3D Print Fest bertujuan mengedukasi dan mendorong generasi muda terhadap pemanfaatan teknologi 3D printing untuk dapat berinovasi dalam industri pendidikan. AXI berharap, kegiatan ini dapat menciptakan awareness dan memunculkan semangat berbagai pihak untuk mewujudkan pasar 3D printing yang lebih besar lagi dan dapat bermanfaat bagi setiap lapisan masyarakat baik dari sektor personal, komersial, dan industri," jelas Teguh.

Baca juga: Cetak SDM Siap Kerja, Astra Resmikan Kampus ASTRAtech di Cikarang

Selama mengikuti kegiatan, siswa mendapatkan kegiatan yang meliputi pelatihan dan workshop seputar teknologi 3D printing, kompetisi 3D printing yang meliputi pembuatan ide produk, pengerjaan 3D modeling, printing, hingga product finishing, penjurian kompetisi, fun games, serta pameran karya terbaik 3D printing dan 3D printer Creality yang dipasarkan oleh AXI.

Teguh juga menyatakan komitmen AXI mengembangkan ekosistem 3D printing di Indonesia dan membuka pintu kolaborasi seluas-luasnya bagi seluruh stakeholder baik pemerintah, pelaku usaha, asosiasi, dan publik secara luas.

 

Untuk menyukseskan rangkaian acara 3D Print Fest, AXI menjalin kerjasama dengan berbagai mitra strategis seperti Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dealer resmi 3D printing AXI 3D Zaiku, asosiasi Printridi dan Evolusi 3D, institusi pendidikan Astratech.

Dalam penyeleksian peserta kompetisi siswa SMK, AXI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Bidang SMK.

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta, Diding Wahyudin, menyatakan bahwa penggunaan 3D printing memiliki potensi sebagai tren positif dalam kemajuan industri di Indonesia.

"Pengaplikasian 3D printing akan mampu menjadi suatu tren yang positif untuk kemajuan berbagai industri di tanah air," ujarnya.

Baca juga: S2 Administrasi Rumah Sakit Resmi Dibuka di UM Surabaya

Ia menyebut, kehadiran teknologi 3D printing dapat memotivasi para siswa SMK untuk berkarya, serta dapat memberikan nilai tambah khususnya untuk keterampilan baru bagi mereka agar semakin siap dalam berkompetisi di dunia kerja dari berbagai industri.

"Kami mengapresiasi rangkaian kegiatan 3D Print Fest yang AXI selenggarakan karena hal ini bermanfaat bagi dunia pendidikan dan semoga kegiatan ini dapat diadakan secara berkelanjutan," ujar Diding.

3D Print Fest juga mengumumkan para pemenang, yaitu Juara Design Terfavorit diraih oleh SMKN 26 Jakarta, Juara 3 diraih oleh SMK Islam PB Soedirman 1 Jakarta, Juara 2 diraih oleh SMKN 2 Cimahi, dan Juara 1 dimenangkan oleh SMKN 36 Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com