Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2023, 19:13 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menerima 4 surat keputusan (SK) guru besar yang diserahkan langsung secara seremonial oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V (Yogyakarta).

Penyerahan itu langsung di lobi Rektor Gedung AR Fakhruddin A UMY pada Rabu (7/6/2023).

Kepala LLDikti Wilayah V, Prof. Aris Junaedi memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada 4 guru besar baru UMY yang telah mendapatkan SK.

Baca juga: 23 Kampus Ditutup, Kemendikbud: Mahasiswa Bisa Ajukan Pindah ke Kampus Pilihan

"Pada hari ini kita dapat menyerahkan langsung 4 SK guru besar. Atas nama pribadi dan selaku kepala LLDikti wilayah V kami ucapkan selamat dan apresiasi atas pengukuhan dan penyerahan SK jabatan akademik tertinggi, yaitu guru besar bagi 4 dosen UMY," kata dia dalam keterangannya, Rabu (7/6/2023).

Keempat guru besar yang mendapatkan SK, yakni:

  • Prof. Suryo Pratolo sebagai Guru Besar bidang Ilmu Akuntansi.
  • Prof. Akif Khilmiyah sebagai Guru besar bidang Ilmu Evaluasi Pendidikan.
  • Prof. Ali Muhammad sebagai Guru besar bidang Ilmu Politik Internasional.
  • Prof. Ulung Pribadi sebagai Guru besar bidang Ilmu Administrasi Negara/Publik.

Menurut Aris, keberhasilan 4 dosen UMY dalam mencapai tingkat jabatan fungsional tertinggi dan menyandang guru besar tersebut menambah kuota guru besar di UMY, sehingga saat ini UMY memiliki 22 guru besar.

Dia juga menganggap bahwa pencapaian besar tersebut merupakan suatu keberkahan bagi UMY yang terus senantiasa berkomitmen meningkatkan kualitasnya.

"Semoga dengan bertambahnya guru besar baru ini semakin menambah motivasi civitas academica di UMY untuk berkarya serta memperkuat UMY menuju visi menjadi universitas yang unggul dalam bidang lmu pengetahuan, teknologi dengan berlandaskan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan ummat," harap dia.

LLDikti Wilayah V pun telah mencatat 75 dosen UMY dengan jabatan fungsional lektor kepala dan latar belakang di bidang doktor.

Baca juga: Alumnus Itenas Ini Menangkan Sayembara Logo IKN Nusantara

LLDikti Wilayah V mendorong agar 75 dosen dapat segera memproses pengajuan sebagai guru besar.

"Pencapaian guru besar ini adalah cita-cita ataupun tujuan dari para dosen tetapi menjadi profesor yang baik adalah satu pencapaian tersendiri. Harapan kami semua guru besar akan semakin produktif dan semuanya akan menjadi good profesor," jelas dia.

Rektor UMY, Prof. Gunawan Budianto menyampaikan rasa terima kasihnya atas keberhasilan dan kerja kerasnya yang mendapatkan SK guru besar.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semuanya. Ini momentum keberhasilan dari seluruh elemen," ungkap dia.

Dia menambahkan, semua pencapaian ini merupakan hasil kerja keras yang tidak mengenal mengeluh.

Baca juga: Suka Makan Pecel Lele dan Ayam? Ini Bahayanya Menurut Dosen FK UMM

"Artinya tantangan yang diberikan dijawab dengan kerja nyata. Terima kasih, mudah-mudahan hanya Allah yang dapat membalas budi baik ini untuk selalu memajukan universitas yang kita cintai," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com