Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Santo Borromeus Gelar Wisuda Pertama, Ini Jumlah Lulusannya

Kompas.com - 02/06/2023, 08:54 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Santo Borromeus (USTB) akhirnya bisa menyelenggarakan prosesi wisuda untuk yang pertama kalinya, Rabu (31/5/2023).

Meski demikian, wisuda pertama itu digelar setelah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santo Borromeus berubah nama menjadi Universitas Santo Borromeus.

Pada wisuda pertama Universitas Santo Borromeus tersebut, ada sebanyak 127 lulusan yang diwisuda di Ballroom Hotel Grand Aquila Bandung.

Saat acara berlangsung, dilakukan pembacaan janji alumni yang diucapkan secara lantang oleh seluruh wisudawan.

Baca juga: Dari Stikes, Kini Berubah Menjadi Universitas Santo Borromeus

Pada kesempatan tersebut, hadir Dr. M. Samsuri, S.Pd., MT., selaku Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IV Jawa Barat (Jabar) dan Banten.

Ia mengungkapkan ingin sekali hadir dalam wisuda pertama Universitas Santo Borromeus (USTB) karena peristiwa ini menurutnya pantas menjadi sejarah.

"Saya harap penyelenggaraan universitas akan dilakukan sebaik-baiknya. Ditambah dengan hasil uji kompetensi yang baik dan tracer study yang juga terus dikelola dengan baik, saya yakin Universitas Santo Borromeus akan terus berkembang," ungkap dia dikutip dari keterangan tertulisnya.

Samsuri juga berharap para wisudawan akan menjadi pribadi yang menghargai sesama, khususnya keluarga.

Sementara Hosana, A.Md.RMIK., lulusan terbaik Program Diploma Tiga Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, mewakili para wisudawan mengucapkan terima kasih kepada para dosen dan keluarga.

Tentunya karena selalu memberikan dukungan luar biasa selama menempuh masa studi di Universitas Santo Borromeus.

Baca juga: Dosen Stikes Santo Borromeus: Hindari Toxic Relationship Remaja dengan Cara Ini

"Kita semua sudah melewati tahun demi tahun, babak belur dalam perjuangan selama perkuliahan ini, juga berpacu dengan waktu. Kami tidak dapat membalas semua kebaikan dan dukungan dari semua dosen kami," kata dia.

"Mengajar, mendidik, hingga memberikan waktu tanpa kenal lelah khususnya saat terakhir bimbingan KTI dan skripsi, bahkan jam 4 subuh masih memberikan waktu untuk membalas e-mail," imbuh Hosana.

Ketua Yayasan Pendidikan Kesehatan Borromeus (YPKB), Prof. Ir. Wimpy Santosa, Ph.D, IPU., juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga wisudawan atau wisudawati, yang telah memercayai Universitas Santo Borromeus sebagai tempat studi bagi anggota keluarganya.

Prof. Wimpy juga berharap agar hubungan dengan sesama alumni dan dengan almamater dapat selalu dipelihara dan ditingkatkan.

Adapun solidaritas, kebersamaan, dan saling mendukung merupakan hal yang sangat penting di dunia kerja yang penuh dengan ketidakpastian, penuh tantangan baru, dan yang disertai dengan perubahan yang cepat.

"Mari kita semua selalu berupaya agar Universitas Santo Borromeus dapat dipercaya oleh masyarakat dan dapat semakin berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat kita," jelasnya.

Rektor Universitas Santo Borromeus, Ns. Elizabeth Ari Setyarini, S.Kep., M.Kes., AIFO, menyampaikan selamat kepada wisudawan/wisudawati yang merupakan lulusan dari Program Studi Profesi Ners, Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Program Studi Diploma Tiga Rekam Medis & Informasi Kesehatan.

Dalam wisuda pertama Universitas Santo Borromeus itu, Rektor USTB juga menyampaikan 4 program studi baru yang saat ini dibuka yaitu:

  1. Program Studi Ilmu Gizi
  2. Program Studi Fisioterapi
  3. Program Studi Kewirausahaan
  4. Program Studi Bisnis Digital

Baca juga: Dosen dan Mahasiswa Stikes Borromeus Teliti Self Harm

Harapannya keempat program studi baru ini nantinya juga akan punya banyak lulusan profesional dan memiliki semangat melayani dalam kasih sesuai dengan semangat cum amore servimus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com