Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Siapkan Program Studi Strategis Nasional Pembangunan Bangsa

Kompas.com - 31/05/2023, 21:01 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) meyakini penguasaan bidang-bidang ilmu strategis akan memperkuat posisi Indonesia dalam proses pembangunan.

Bidang-bidang ilmu strategis ini akan memberikan nilai tambah yang besar agar sumber alam yang dimiliki Indonesia memiliki kekuatan ekonomi yang tinggi.

Baca juga: Kisah Martono, Raih Gelar Doktor dengan IPK 4,00 di UNY

"Dalam hal tersebut, ITB membuat program khusus yang disebut Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Strategis Nasional," ucap Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah mengutip laman ITB, Rabu (31/5/2023).

Dalam memperkuat pembangunan yang dapat menunjang proses industrialisasi, dibutuhkan berbagai bidang ilmu yang mendukung industri, khususnya industri dasar, seperti industri kimia, industri material, dan lain-lain.

Program Studi Kimia dan Fisika adalah beberapa contoh program studi strategis di bidang ini.

Dia mengaku, kekuatan bangsa saat ini membutuhkan berbagai ketahanan yang antara lain Ketahanan Pangan, Ketahanan Energi dan Ketahanan Bencana.

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang besar, kekayaan alam yang sangat subur disertai berbagai tanaman pangan, maka potensi ketahanan pangan Indonesia sangat besar.

Program Studi Rekayasa Pertanian dan Teknologi Pascapanen akan berperan penting dalam hal ini.

Peran energi dalam kehidupan manusia merupakan hal yang vital dan tidak bisa ditunda.

Dunia sedang menuju era yang disebut sebagai Net Zero Carbon Emission di mana penggunaan minyak dan gas bumi harus dikurangi dengan sangat drastis.

Kekayaan hayati Indonesia yang berpotensi sebagai sumber energi sangatlah besar, mulai dari Kelapa Sawit, Gambut, dan berbagai minyak nabati lainnya.

"ITB menyiapkan program studi khusus yaitu Teknik Bioenergi dan Kemurgi, yang tidak hanya mempelajari tentang energi tapi juga produk lain nonenergi sebagai material atau produk industri lainnya," ucap dia.

Baca juga: Kemendikbud Masih Selidiki 29 Kampus yang Bermasalah

Alam Indonesia yang kaya dan indah, sebut dia, ternyata juga memiliki potensi bencana yang harus mampu dimitigasi agar tidak menimbulkan korban, kerusakan dan kerugian ekonomi.

Program Studi seperti meteorologi, oseanografi atau astronomi merupakan program studi yang dapat mendidik para mahasiswanya untuk mampu mengidentifikasi potensi bencana dan mempersiapkan diri dengan baik.

"Jadi, di samping tentunya prodi yang sudah lebih populer (Artificial intelligence atau Information technology atau computer science, manajemen), ITB harus mempersiapkan masa depan bangsa ini dengan menghasilkan alumni di bidang-bidang strategis tersebut," jelas Rektor ITB.

Mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri Program Studi Strategis ITB akan menerima dukungan khusus, yaitu berupa Beasiswa UKT sebesar 50 persen.

Baca juga: 23 Kampus Ditutup, akibat Jual Beli Ijazah dan Gunakan Dana KIP Kuliah

Informasi lebih lengkap terkait program ini dapat dibaca melalui laman https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com