Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2023, 10:23 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Jalur Mandiri 2023 sudah dibuka pada beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Beberapa PTN yang sudah membuka Jalur Mandiri 2023 tercatat tak membebankan uang pangkal pada calon mahasiswa.

Uang pangkal adalah uang masuk Perguruan Tinggi di luar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan satu kali saat calon mahasiswa mendaftar jalur mandiri.

Biasanya, pembayaran uang pangkal dilakukan bersamaan dengan pembayaran UKT semester I atau saat daftar ulang dan dibayarkan hanya sekali saja.

Namun, ada juga sebagian perguruan tinggi yang membolehkan mahasiswa membayar uang pangkal dengan cara diangsur.

 Baca juga: Cek Jalur Mandiri ISI Jogja 2023, Kampusnya Salma Indonesian Idol

Uang pangkal sendiri punya nama berbeda-beda antar PTN. Misalnya, di Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang ada Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Kemudian di Universitas Airlangga, uang pangkalnya disebut Uang Kuliah Awal (UKA), sementara di Universitas Brawijaya namanya adalah Iuran Pengembangan Institusi (IPI).

Jadi, mana saja PTN jalur mandiri 2023 tanpa uang pangkal? Cek di bawah ini.

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) menerapkan Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) untuk jalur mandiri. Namun, tidak semua mahasiswa jalur mandiri dikenakan biaya SSPU.

SSPU merupakan persentase solidaritas dari keluarga mahasiswa yang lebih mampu untuk membantu mahasiswa lain yang lebih membutuhkan. Hasilnya, mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi tetap dapat kuliah di UGM dengan UKT Rp 0.

SPPU ini berlaku hanya untuk calon mahasiswa UGM yang diterima melalui UM CBT dan termasuk dalam kelompok UKT Pendidikan Unggul. Sehingga, mahasiswa yang dikenakan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi tidak membayar SSPU.

Baca juga: 4 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online, Calon Mahasiswa Cek Dulu

Bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur UM CBT UGM pada tahun akademik 2023/2024 dan ditetapkan UKT Pendidikan Unggul (memiliki kemampuan ekonomi baik) dikenakan Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) di UGM sebesar Rp 30 juta untuk bidang Ilmu Sains, Teknologi, dan Kesehatan dan sebesar Rp 20 juta untuk bidang Ilmu Sosial dan Humaniora.

2. Universitas Terbuka

UT tak memiliki uang pangkal di jalur mandiri 2023. Karena sistem kuliahnya merupakan jarak jauh, maka di UT pembayarannya menggunakan Sistem Paket Semester (SIPAS) yang terintegrasi dengan materi kuliah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com