Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Negara Iran, Prof. Jamileh Rilis Buku Filsafat Islam

Kompas.com - 24/05/2023, 20:00 WIB
Dian Ihsan

Penulis

Jakarta - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sadra meluncurkan buku istri Presiden Iran, Prof. Jamileh Alamolhoda, seorang profesor di bidang filsafat pendidikan Universitas Syahid Behesyti, Iran.

Kegiatan berlangsung di Kampus STAI Sadra, Jakarta, pada Selasa (23/5/2023).

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Ibu Negara Iran, Prof. Jamileh di sela-sela kunjungan Presiden Iran, Ebrahim Raisi ke Indonesia.

Baca juga: Siswa Kelas 2 SD Tewas di Sukabumi, Kemendikbud Minta Kasus Ini Dibuka Jelas

Ini merupakan peluncuran buku Prof. Dr. Jamileh Alamolhoda edisi bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Sadra Press dengan judul 'Teori Pendidikan Islam dalam Perspektif Alquran dan Filsafat Islam'.

"Buku saya sudah diterjemahkan sebelumnya dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, dan ini ketiga kalinya dalam Bahasa Indonesia," kata Prof. Jamileh dalam keterangannya, Rabu (24/5/2023).

Prof. Jamileh menuturkan, ketertarikannya pada filsafat berawal ketika dia mendengarkan kuliah umum seorang profesor Amerika.

Setelahnya, dia meminta profesor tersebut mengenalkannya pada ahli positivisme dan dualisme.

Namun, jawaban sang profesor di luar dugaan. Dikatakan bahwa profesor Amerika tersebut menyarankannya membaca karya-karya mantan Pemimpin Spiritual Tertinggi Iran, Imam Khomeini.

"Sejak itu saya mempelajari karya2 Imam Khomeini dan melihat bahwa pemikiran Imam bersumber dari Filsafat Hikmah Mutaaliyah. Dan kemudian saya banyak menulis tentang pendidikan berdasarkan Filsafat Hikmah Mutaaliyah," terang dia.

Baca juga: Kemendikbud Sesalkan Tewasnya Siswa Kelas 2 SD di Sukabumi

Perwakilan Al-Mustafa di Indonesia, Prof. Hossein Mottaqi mengapresiasi peluncuran buku tersebut.

Menurut dia, Indonesia adalah negara yang harmonis, baik di antara agama dan kepercayaan, juga antara rakyat dan pemerintahnya.

Ketua STAI Sadra, Dr. Kholid Al Walid menyampaikan ucapan selamat datang dan turut bangga atas kehadiran Prof. Jamileh dalam peluncuran dan bedah buku tersebut.

Wakor Kopertais Wilayah 1 sebagai Pembanding, Prof. Sururin mengaku, apa yang dilakukan Prof. Jamileh sangat inspiratif.

Karena, sangat langka seorang perempuan sekaligus ibu negara tapi menggeluti bidang Filsafat.

Baca juga: 10 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi SIR 2023

"Tentu untuk memahami bukunya tidak mudah, diperlukan ketekunan dan ketelitian untuk membaca karya ini," tutup dia.

Asal tahu saja, kegiatan peluncuran buku ini juga dihadiri oleh sejumlah pimpinan perguruan tinggi dan akademisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com