Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitra Kemendikbud Ini Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka di Banyak Sekolah

Kompas.com - 24/05/2023, 16:59 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan penyedia solusi pendidikan berbasis teknologi yang juga menjadi salah satu Mitra Pembangunan Kemdikbud Ristek, Kelas Pintar telah menyelenggarakan berbagai program untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Program-program tersebut antara lain rangkaian webinar, pendampingan ke satuan pendidikan binaan, dan menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan implementasi Kurikulum Merdeka.

Baca juga: Siswa Kelas 2 SD Tewas di Sukabumi, Kemendikbud Minta Kasus Ini Dibuka Jelas

"Sejak resmi menjadi Mitra Pembangunan Kemdikbudristek pada Mei 2022 lalu, Kelas Pintar telah menyelenggarakan berbagai program untuk mendukung satuan pendidikan serta dinas-dinas terkait dalam implementasi Kurikulum Merdeka," kata Founder sekaligus CEO Kelas Pintar, Fernando Uffie dalam keterangannya, Rabu (24/5/2023).

Sampai dengan April 2023, Kelas Pintar telah menyelenggarakan dua rangkaian webinar.

Webinar yang pertama membahas topik Sosialisasi Penguatan implementasi Kurikulum Merdeka yang diadakan pada Agustus hingga September 2022.

Webinar tersebut diadakan di Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatra Selatan dengan peserta sebanyak 1.403.

Sejak bulan November 2022, acara webinar kedua telah berlangsung hingga saat ini. Webinar tersebut membahas topik Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Sampai dengan Maret 2023, rangkaian webinar kedua tersebut telah diikuti oleh 1.182 peserta.

Program lain yang telah dilakukan Kelas Pintar adalah pendampingan ke Satuan Pendidikan Binaan.

Program pendampingan tersebut diadakan baik secara luring maupun daring sejak September 2022 hingga saat ini.

Baca juga: Mulai Daftar pada 12 Juni, Ini 7 Jalur PPDB Jakarta 2023 Jenjang SMP

Sampai dengan April 2023, program pembinaan tersebut telah diadakan ke 182 Satuan Pendidikan secara luring dan 498 Satuan Pendidikan secara daring.

Kelas Pintar juga terlibat dalam berbagai rangkaian kegiatan terkait implementasi Kurikulum Merdeka sebagai narasumber.

Adapun kegiatan yang telah melibatkan Kelas Pintar sebagai narasumber, yakni Pendampingan IKM dengan BMPS DKI Jakarta, Penguatan IKM dengan BPMP DIY wilayah Gunungkidul, Pendampingan P5 dengan BPMP Banten wilayah Cilegon, dan Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Platform Merdeka Mengajar bersama BPMP DKI Jakarta.

Dia berharap rangkaian program yang telah diadakan Kelas Pintar dapat membantu satuan pendidikan serta pihak-pihak terkait dalam implementasi Kurikulum Merdeka ini dalam kegiatan belajar-mengajar.

Baca juga: Redam Bullying, Kemendikbud Fokus Cegah 3 Dosa Besar Pendidikan

"Kelas Pintar pun tidak akan berhenti sampai di situ, kami telah menyiapkan program-progam lanjutan sehingga implementasi Kurikulum Merdeka dapat maksimal dan menyeluruh di seluruh wilayah Indonesia," tukas Uffie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com