Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut UTBK SNBT 2023 di UI? Cek Aturan, Lokasi dan Ada Bus Antar Jemput

Kompas.com - 06/05/2023, 12:25 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa yang siap mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 di Universitas Indonesia (UI), ketahui persiapan aturan yang ada.

UTBK di UI berlokasi di dua tempat, yaitu di Kampus UI Depok dan Kampus UI Salemba. Untuk Kampus Depok, UTBK dilaksanakan di 22 titik lokasi. Sehingga, siswa yang hendak tes harus tahu betul lokasi yang ada.

Lokasi UTBK tersebar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), dan fakultas lainnya.

Adapun di Kampus Salemba, UTBK dilaksanakan di tujuh titik lokasi, di antaranya Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), FEB, dan Gedung IASTH.

Baca juga: Cek Jadwal UTBK SNBT 2023 Terbaru untuk Wilayah Jawa dan Luar Jawa

Khusus pelaksanaan UTBK bagi peserta difabel akan dilaksanakan di Fasilkom Gedung Lama, Kampus Depok dengan total 77 peserta difabel.

UI dengan menyediakan 31 lokasi ujian, 1.927 unit komputer yang dapat dipergunakan oleh peserta UTBK. Serta 263 unit komputer cadangan untuk mengantisipasi jika saat pelaksanaan terjadi kendala. Sehingga, jangan takut adanya gangguan teknis yang muncul.

Sementara, untuk jadwal pelaksanaan UTBK akan dibagi menjadi dua gelombang, yakni gelombang pertama pada 8-14 Mei 2023 dan gelombang kedua pada 22-28 Mei 2023.

Agar lebih kondusif selama ujian berlangsung, pelaksanaan UTBK terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi pagi pada pukul 06.45–10.30 WIB dan sesi siang pada pukul 13.00–16.15 WIB.

Khusus di hari Jumat, sesi siang dimulai pukul 13.15 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Adapun, untuk para peserta difabel tunanetra, pelaksanaan ujian akan dilaksanakan pada sesi pagi (ke-5) di Lab 1105 Gedung Lama Fasilkom, pada tanggal 10 Mei 2023 dengan total 10 peserta.

Baca juga: Jadwal Sesi Pagi dan Siang UTBK SNBT 2023, Catat!

Hasil dari UTBK ini akan digunakan untuk seleksi dari SNBT yang akan diumumkan pada 20 Juni 2023.

Sementara, peserta jangan bingung untuk akses ke lokasi UTBK. Sebab, UI menyediakan bus kampus atau yang biasa disebut bis kuning (bikun). 

Bus ini memudahkan akses mobilisasi bagi para peserta menuju titik lokasi ujian. Peserta dapat mengikuti signage di area kampus, untuk menuju tempat ujiannya.

Aturan UTBK SNBT 2023 di UI

Sebelum ujian dimulai, ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan peserta.

Antara lain para peserta diwajibkan membawa Kartu Tanda Peserta Ujian dan fotokopi ijazah SMA/SMK/MA atau sederajat yang sudah dilegalisasi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com