Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 6 Jalur Mandiri UNS 2023 dan Syaratnya

Kompas.com - 01/05/2023, 20:20 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jalur Mandiri Universitas Sebelas Maret (UNS) 2023 menjadi salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang dinanti calon mahasiswa.

Hingga saat ini, UNS belum menginformasikan jadwal pendaftaran jalur Mandiri UNS 2023. Calon mahasiswa perlu tahu bahwa UNS punya 6 jalur Mandiri yang bisa dimanfaatkan.

Melansir dari laman resmi UNS, Senin (1/5/2023), seleksi secara mandiri oleh PTN diselenggarakan dengan lebih transparan sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam mengawasi proses seleksi secara mandiri di PTN.

Di penerimaan mahasiswa baru UNS 2023/2024, ada 6 jalur Mandiri UNS yang bisa dicoba. Yuk simak informasinya.

Baca juga: Referensi 6 Sekolah Pramugari di Indonesia, Tertarik Daftar?

Jalur Mandiri UNS 2023

1. Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU)

Di penerimaan mahasiswa baru UNS 2022/2023 jalur ini disebut SM UNS Seleksi Mandiri Jalur Tulis UNS (SM UNS - SMJU atau UTUL UNS)

Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) UTUL UNS diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir.

Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan Nilai Ujian Tulis (UTUL) yang diselenggarakan UNS.

2. Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK)

Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK) diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama 3 tahun terakhir yang memenuhi persyaratan yang ditentukan UNS dan merupakan rekomendasi dari instansi mitra (perusahaan/pemerintah daerah/institusi pemerintah) yang mempunyai Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan antara instansi pengusul (mitra) dengan UNS yang masih berlaku.

3. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP)

SMJP adalah jalur mandiri UNS dengan menggunakan prestasi akademik maupun non akademik (bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya).

Baca juga: SKD Sekolah Kedinasan 2023: Nilai Ambang Batas, Waktu dan Jumlah Soal

4. Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD)

Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD) diperuntukkan bagi calon mahasiswa disabilitas lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama 3 tahun terakhir. Selain itu calon mahasiswa juga memiliki kemampuan akademik yang memungkinkan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

5. Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM)

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com