Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Unesa: Penderita Penyakit Tidak Menular, Hindari 4 Makanan Ini Saat Lebaran

Kompas.com - 23/04/2023, 08:54 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

Sumber Unesa

KOMPAS.com - Berbagai makanan lezat yang biasa disajikan saat Lebaran ini sangat tidak dianjurkan bagi penderita penyakit tidak menular atau disingkat PTM.

Seperti stroke, penyakit jantung koroner, kanker, hingga diabetes mellitus dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Sehingga masyarakat yang mempunyai berbagai penyakit ini harus pandai memilah jenis makanan yang tidak membuat penyakitnya kambuh.

Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dr. Niken Sasadhara Sasmita menjelaskan, ada beberapa makanan saat Lebaran identik dengan kadar kolesterol yang tinggi yang tidak baik untuk penderita PTM.

"Makanan jenis ini bisa menyebabkan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Sehingga pembuluh darah akan mengalami penyempitan dan pengerasan," terang Niken seperti dikutip dari laman Unesa, Sabtu (22/4/2023).

Baca juga: Cek 7 Jurusan Kuliah yang Gampang Cari Kerja

Makanan yang harus dihindari penderita PTM saat Lebaran

Niken memaparkan, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari penderita PTM saat lebaran.

Apa saja makanan yang harus dihindari penderita PTM? Simak penjelasan dosen Unesa berikut ini:

1. Makanan bersantan

Makanan yang mengandung santan merupakan makanan berlemak yang sering dijumpai saat lebaran.

Opor ayam, gulai, dan sayur lodeh misalnya, makanan penyumbang kolesterol yang mengandung lemak yang tinggi.

Apalagi jika masakan bersantan dihangatkan berkali-kali dapat menghilangkan nutrisi dan memicu kolesterol jahat.

"Makanan yang bersantan sebaiknya sekali masak untuk sekali makan. Kalau dihangatkan berulang ini bisa bahaya. Bisa membuat asam lemaknya berubah jadi lemak jenuh dan susah dicerna tubuh," terangnya.

Baca juga: PKN STAN Paling Diminati, Ketahui 3 Jalur Masuk Tahun 2023

2. Makanan gorengan

Niken mengungkapkan, walaupun tak terlalu banyak, makanan yang digoreng seperti keripik, ayam goreng, dan lainnya juga bahaya.

Sama seperti makanan bersantan, kandungan lemak dari makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selanjutnya dapat menyebabkan pengendapan kolesterol pada dinding pembuluh darah.

3. Makanan manis

Makanan manis punya kalori yang tinggi seperti permen dan kue. Kadar insulin yang meningkat akibat kandungan gula yang tinggi akan membuat tubuh gampang lelah dan capek. Sehingga menaikkan berat badan secara cepat.

"Bertambahnya gula dalam darah akan membuat orang terkena hipertensi, dan risikonya itu bisa lebih parah untuk penderita diabetes," tandasnya.

4. Makanan terlalu asin

Niken mengungkapkan makanan asin dapat menyebabkan gangguan jantung yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih.

Dia menyarankan untuk mengontrol asupan makanan asin dan mengimbanginya dengan konsumsi sayur dan buah-buahan.

"Selain makanan yang manis, makanan asin banyak kita temui seperti kacang asin bahkan rendang yang sudah menjadi hidangan wajib saat lebaran, yang itu bisa membuat tekanan darah jadi tinggi dan memicu kolesterol," imbuh dia.

Baca juga: Siap-siap Daftar PPDB Jateng 2023, Ini 16 SMA Terbaik di Magelang

Niken mengingatkan agar masyarakat senantiasa berolahraga di tengah suasana Lebaran untuk membakar kalori agar tubuh bugar bahkan terhindar dari berbagai penyakit tidak menular.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com