Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi UT dan PIK 2 Tegaskan Kerja Sama Pendidikan Tinggi dan Swasta Jadi Keniscayaan

Kompas.com - 17/04/2023, 11:19 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka menjalin kerja sama dengan PT. Kukuh Mandiri Lestari (PIK 2). Seremoni penandatanganan perjanjian kerja sama dilaksanakan antara UT dan PIK 2 pada Senin, 17 April 2023 di UT Convention Center, Tangerang Selatan.

Dalam kesempatan tersebut Rektor UT Prof. Ojat Darojat menjelaskan UT sejak awal dirancang sebagai universitas dengan pembelajaran jarak jauh dan saat ini menjangkau 440 ribu mahasiswa aktif di 514 kabupaten/kota.

Prof. Ojat juga menyampaikan, UT juga telah didesain oleh Pemerintah untuk memberikan akses pendidikan tinggi kepada seluruh masyarakat dengan biaya sangat terjangkau.

"Tahun ajaran ini, 2022/2023 dalam program pengabdian masyarakat UT telah membuat program Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Desa Binaan di Teluk Naga Provinsi Banten. Kegiatan ini sangat besar maknanya bagi UT," ungkap Prof. Ojat dalam sambutan.

Dalam kaitan dengan pemerataan pendidikan tinggi berkualitas, Rektor UT berharap kerja sama ini akan mengakselerasi akses perguruan tinggi kepada masyarakat di wilayah Teluk Naga.

Prof. Ojat mengungkapkan kegiatan pengabdian masyarakat UT di desa binaan meliputi beberapa fokus utama yakni pengentasan buta aksara, pengelolaan pangan, penataan lingkungan hidup, serta pemberdayaan UMKM.

"Mudah-mudahan masyarakat Teluk Nagabisa bangkit sama seperti daerah-daerah lain," harap Prof. Ojat.

Baca juga: Gebrakan Program Kampus Merdeka Jadi Upaya Dalam Memperluas Ruang Pengabdian Masyarakat

Keniscayaan kerja sama pendidikan tinggi dan swasta

Direktur Utama Letjen Mar. (Purn) Nono Sampono dalam kesempatan sama menyampaikan, sebagai perusahaan properti pihaknya memiliki tanggung jawab sama seperti perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

"Adalah sebuah keniscayaan untuk kerja sama ini (perguruan tinggi dan swasta) untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, termasuk yang ada di sekitar PIK 2," tegas Nono Sampono.

Nono Sampono berharap kerja sama ini dapat menjawab berbagai solusi yang ada di tengah masyarakat.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com