Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen UM Beri 5 Tips Fokus Belajar Saat Puasa

Kompas.com - 02/04/2023, 16:59 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi para muslim yang menjalankan ibadah puasa, tentu mengalami kondisi tubuh yang terasa lemah, lesu dan letih dikarenakan menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam.

Kondisi tubuh yang letih dan lesu menyebabkan seseorang malas dan kurang bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti halnya belajar.

Kegiatan belajar membutuhkan fokus dan konsentrasi penuh agar apa yang dipelajari mudah dipahami dan tersimpan di dalam memori otak.

Namun, saat dalam kondisi berpuasa biasanya seseorang susah untuk tetap fokus dalam belajar dikarenakan rasa letih dan lesu yang dialaminya.

Baca juga: Dosen UMM: Menu Buka Puasa Ini Perlu Dihindari Penderita Asam Urat

Lalu bagaimana caranya agar fokus belajar saat puasa?

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Syarifuddin membagikan 5 tips agar siswa SD hingga SMA maupun mahasiswa bisa tetap fokus dalam belajar meskipun dalam keadaan berpuasa.

Menurut Syarif, pertama adalah memilih tempat belajar yang nyaman. Tempat belajar merupakan hal pertama yang harus ditentukan oleh setiap orang yang ingin belajar.

Hal itu dikarenakan tempat belajar memiliki pengaruh terhadap tingkat kefokusan dan konsentrasi belajar seseorang.

“Setiap orang memiliki tipe tempat belajar yang berbeda-beda, maka dari itu menyiapkan tempat belajar yang nyaman dan tenang merupakan salah satu tips agar belajar tetap fokus meskipun dalam keadaan berpuasa,” kata Syarif dilansir dari laman UM Surabaya

Kedua, tentukan target belajar. Menentukan target yang akan dicapai dalam belajar merupakan hal yang mempengaruhi konsentrasi belajar seseorang.

Baca juga: Calistung Dihapus, Dosen UM Surabaya: Ideal Anak Belajar di Usia Ini

Misalnya target yang ingin dicapai dalam belajar adalah agar dapat mengerjakan soal tes dengan mudah dan diberikan kelulusan dalam suatu ujian sekolah.

Maka hal itu akan memacu semangat seseorang untuk terus belajar dan tetap fokus memahami setiap materi pelajaran yang dipelajarinya.

Ketiga jauhkan dari gadget dan media sosial. Ketika seseorang sedang belajar, maka sebaiknya menjauhkan gadget dan media sosial dari jangkauannya agar tidak mengganggu konsentrasi belajar.

Notifikasi dan pemberitahuan yang muncul di dalam gadget biasanya membuat seseorang ingin membuka dan mengetahui notifikasi tersebut.

“Hal inilah yang mempengaruhi konsentrasi dan fokus belajar seseorang jika gadget ada di sampingnya. Sehingga yang terjadi adalah lebih fokus bermain gadget dan media sosial daripada belajar,” imbuhnya lagi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com