Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2023, 17:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) kembali meraih posisi "Terbaik I Kinerja Anggaran" untuk kategori PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dengan Pola Pengelolaan Keuangan BLU atau Badan Layanan Umum.

Penghargaan bergengsi itu diserahkan langsung Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim kepada Rektor UT, Prof. Ojat Darojat pada Kamis, 30 Maret 2023 di Plaza Insan Pendidikan Berprestasi, Gedung A Kemendikbudristek, Jakarta.

Penghargaan diberikan dalam acara "Penganugerahan Penghargaan kepada Unit Kerja Mendikbudristek dan satuan kerja atas Implementasi SAKIP, Kinerja Anggaran, dan Keterbukaan Informasi Publik Terbaik Tahun 2022".

UT predikat "Sangat Baik" dengan Skor Nilai Kinerja Anggaran (NKA) sebesar 96,60 persen.

Nadiem menyampaikan pemberian penghargaan terbaik pertama hanya diberikan kepada Satuan Kerja di lingkungan Kemendikbudristek yang dari tahun ke tahun berkinerja terbaik dalam merealisasikan tata kelola keuangan pemerintahan yang semakin akuntabel.

Pemberian predikat terbaik pertama juga layak disandang UT yang dinilai memiliki kinerja terbaik dalam menyelenggarakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintajh (SAKIP) dan pengelolaan anggaran tahun 2022.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti menyampaikan arahan agar satuan-satuan kerja dalam melakukan review rencana strategis secara berkala guna memastikan keselarasan rumusan, tujuan, sasaran, indikator dengan tugas dan fungsi unit kerja.

Suharti juga memberikan arahan kepada satuan-satuan kerja untuk mengetahui tingkat capaian target yang telah ditetapkan.

Junjung akuntabilitas dan transparansi

Melalui rilis resmi (31/3/2023) menjelaskan, meraih predikat "Sangat Baik" dan Skor Nilai Kinerja Anggaran (NKA) sebesar 96,60 persen dengan kelolaan anggaran di atas Rp 1.799 triliun tidaklah mudah.

Baca juga: Dua Mahasiswa Indonesia Raih Penghargaan Harvard WorldMUN 2023

"UT harus maksimal mencapai nilai tertinggi pada Evaluasi Kinerja Anggaran (EKA) yang merupakan ukuran kualitas hasil sekaligus juga harus unggul pada Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang merupakan ukuran kualitas proses," jelas Prof. Ojat.

Prof. Ojat menyampaikan suatu kebanggaan bagi UT atas pencapaian yang selalu mengedepankan prinsip pengelolaan keuangan yang menjunjung tinggi akuntabilitas dan transparansi serta mengedepankan efektivitas, efisiensi dan ekonomis.

"Terima kasih disampaikan kepada seluruh jajaran, khususnya di bawah koordinasi Kantor Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, terutama bagian perencanaan dan bagian keuangan yang telah bekerja dengan baik," kata Rektor UT.

"Sehingga kinerja keuangan UT dari tahun ke tahun selalu mendapatkan penghargaan posisi Terbaik I dengan predikat Sangat Baik," lanjutnya.

Ia menambahkan, "terima kasih kita kepada teman-teman di tim pengelolaan anggaran di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, serta semua pihak yang telah bersama-sama bergandengan tangan mendapatkan capaian ini." 

Tak lupa ungkapan terima kasih disampaikan Prof. Ojat kepada pimpinan terdahulu atas capaian prestasi UT tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com