Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2023, 15:43 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan 2.500 kuota dari 5 beasiswa untuk lulusan SMA yang ingin menjadi dokter, para nakes PNS, hingga dokter spesialis. 

Beasiswa Kedokteran Kemenkes tahun 2023 ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dokter, dokter spesialis, dan fellowship di Indonesia.

Bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kemenkes membuka beasiswa karena saat ini Indonesia masih mengalami kekurangan dokter terutama dokter spesialis.

Baca juga: Biaya Kuliah atau UKT 3 Jurusan Fakultas Kedokteran UGM 2023

Kekurangan dokter ini mengakibatkan munculnya antrian pasien yang panjang untuk mendapatkan penanganan.

Serta sulitnya akses terhadap dokter di seluruh daerah di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kurangnya angka produksi dan tidak meratanya distribusi dokter spesialis ke seluruh fasilitas layanan kesehatan di Indonesia.

Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril mengatakan, dengan adanya beasiswa ini pemerintah ingin mempercepat produksi dokter dan dokter spesialis untuk mengatasi kekurangan dokter.

“Diperlukan sistem yang baru untuk meningkatkan jumlah produksi dan upaya pemerataan dokter di semua kabupaten/kota di Indonesia,” ujarnya dilansir dari laman Sehatku Negeriku Kemenkes, Jumat (31/3/2023). 

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, Unpad, dan Brawijaya

Dengan beasiswa ini, maka Kemenkes berupaya mentransformasi SDM Kesehatan dengan meningkatkan mutu tenaga kesehatan melalui Pendidikan.

Hingga kini jumlah penerima beasiswa pendidikan dokter spesialis yang semula 300 menjadi 600 di tahun 2022.

Pada 2023 menjadi 1.600, dan 2024 akan disediakan sebanyak 2.500 beasiswa untuk dokter spesialis, sub-spesialis, termasuk fellowship lulusan luar negeri.

Syahril juga mengatakan simplifikasi izin pendidikan kedokteran dalam mencetak jumlah tenaga kesehatan cukup melalui konsep piloting collegium based di 6 rumah sakit mulai Juli 2023.

“Transformasi memang tidak mudah, butuh kerja keras, cerdas, sinergi, kolaborasi, termasuk keteguhan hati dalam memulai dan menjalankannya. Hilangkan ego sektoral, kita sama-sama berpikir luas, jangka panjang, untuk kepentingan masyarakat luas,” ucapnya.

Beasiswa kedokteran Kemenkes

Sementara 5 program beasiswa pendidikan dokter dan dokter spesialis yang dibuka oleh Kemenkes tahun 2023 adalah seperti berikut ini:

1. Beasiswa Dokter Spesialis-subspesialis atau Dokter Gigi Spesialis

Program Bantuan Dokter Spesialis-subspesialis atau Pendidikan Dokter Gigi Spesialis dibuka sejak tahun 2008.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com