Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet Gratis Disebar di Garut untuk Majukan Digitalisasi Sekolah

Kompas.com - 24/03/2023, 13:21 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Masyarakat di Kabupaten Garut akan memperoleh akses internet gratis dalam kehidupan sehari-hari yang nantinya bermanfaat ke banyak hal, salah satunya program digitalisasi sekolah.

Selain itu juga untuk program pemberdayaan masyarakat, program pemberdayaan potensi desa, dan program digitalisasi desa.

Baca juga: Ini 10 Jurusan Kuliah Tersulit, Mau Daftar?

Pemberian akses internet gratis ini merupakan program kerja sama antara CIFO Group dan Pemerintah Kabupaten Garut.

CEO CIFO, Sony Setiadi berharap masyarakat desa di wilayah Garut dapat merasakan manfaat dari program digitalisasi desa ini.

Seperti meningkatkan akses ke pasar online, memudahkan pemasaran produk-produk lokal, dan berkesempatan memperkenalkan potensi desa kepada dunia melalui platform digital.

"Untuk mewujudkan transformasi menuju Desa Digital akan ada beberapa program yang kita jalankan nantinya, seperti Program Digitalisasi Sekolah, Program Pemberdayaan masyarakat, Program Pemberdayaan Potensi Desa, dan Program Digitalisasi Desa," kata dia dalam keterangannya, Jumat (24/3/2023).

Transformasi digital di wilayah Garut ini berfokus pada penggunaan teknologi informasi dan internet untuk mengembangkan potensi desa dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

Adapun Program layanan internet Gratis dari Bakti Kominfo di Kabupaten Garut ini sudah memasuki tahun ke-2.

Baca juga: 2 PTN yang Buka Jurusan Kedokteran Baru 2023

Tahun pertama masyarakat belajar mengenal akses internet.

Di tahun kedua ini, masyarakat dikenalkan dan dibimbing untuk bisa mengoperasikan dan memanfaatkan berbagai layanan digital dari program bakti kominfo.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan, desa digital adalah satu upaya Pemerintah Kabupaten Garut untuk memajukan masyarakat melalui digital.

Dia berharap program digitalisasi ini menjadi salah satu upaya bersama agar menjadikan desa-desa di kabupaten Garut digital.

Baca juga: Ini 10 Kampus Negeri Pencetak PNS Terbanyak

"Mudah-mudahan desa di kabupaten Garut ini menjadi desa digital dalam kurun waktu 2 tahun kedepan. semoga pemerataan desa digital bisa tercapai dan kita akan lakukan bertahap untuk menyediakan SDM nya," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com