Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar Telah Didik Ribuan Siswa SMK Pelayaran

Kompas.com - 22/03/2023, 13:40 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar gencar melakukan kerja sama melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di bidang Ilmu Pelayaran dengan ratusan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Pelayaran yang ada di Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur.

Hal itu sebagai upaya pembinaan terhadap generasi muda sekaligus mempersiapkan para pelaut yang tangguh.

Baca juga: Ini 10 Jurusan Kuliah Tersulit, Mau Daftar?

Direktur PIP Makassar, Capt. Sukirno menjelaskan, tidak dipungkiri saat ini memang terjadi ketimpangan kualitas SDM Pelayaran yang ada di Indonesia, terlebih di antara sekolah swasta dan negeri.

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh PIP Makassar, baik dari sisi teori, tenaga pengajar dan sarana peraktik maka pihaknya siap berkontribusi meningkatkan kualitas SDM pelaut di Tanah Air dengan melakukan pembinaan kepada generasi muda SMK.

Itu agar lebih memiliki pengetahuan dasar yang baik, sehingga pada saat mereka memasuki kejenjang pendidikan yang lebih tinggi ataupun dunia kerja para siswa tersebut bisa lebih siap.

"Tujuan kami memberikan diklat ini kepada para pelajar SMK adalah sebagai wujud transfer knowledge kepada para generasi muda penerus calon para pelaut," ucap dia dalam keterangannya, Rabu (22/3/2023).

Selain itu, diklat ini diberikan karena melihat di daerah tersebut kekurangan tenaga pengajar, dan ini yang membuat hati kami tergerak dan ingin membantu generasi masa depan, agar mempunyai kualitas dan kemampuan SDM yang unggul.

"Sehingga dapat bersaing dengan kawan-kawannya dari SMK Negeri di daerah lain," Capt. Sukirno.

Dia juga menambahkan saat ini sudah ratus SMK Pelayaran swasta yang berkerjasama dengan PIP Makassar dengan jangka waktu perkali diklatnya selama sekitar 10 hari, dan ini selalu berkesinambungan tidak hanya satu kali saja.

Baca juga: Kemendikbud: Ada 601.286 Formasi ASN PPPK Guru yang Dibutuhkan di 2023

Setiap ada pengetahuan baru maka pihak PIP Makassar akan menginformasikan kepada para SMK untuk berkolaborasi dalam pemanfaatan alat, penggunaan kapal latih maupun simulator.

Capt Sukirno juga mengatakan bahwa saat ini para siswa SMK tersebut mengikuti Diklat Basic Saftey Tranning (BST) yang biasa diikuti oleh para siswa SMK Pelayaran dengan jurusan Navigasi dan Permesinan.

Dalam diklat BST ini para siswa SMK ada diberi pengetahuan tentang bagaimana bagaimana mengatasi masalah kedaruratan saat diatas kapal.

Seperti, jika terjadi kebakaran di atas kapal, tubrukan antar kapal, dan bocor. Jika hal tersebut terjadi para siswa bisa mengantisiapsinya untuk menyelamatkan diri.

Baca juga: Kisah Satu Keluarga yang Sukses Lulus dari Pendidikan Dokter

"Kami bersyukur saat ini telah melahirkan ribuan para siswa SMK yang mengenal dunia pelayaran lebih jauh sehingga nantinya mereka bisa mereka bisa menjadi pelaut yang handal dan memiliki skill dan kemampuan yang unggul. Dan ini merupakan salah satu pengabdian masyarakat yang kami lakukan agar SDM Pelaut di Tanah Air bisa unggul," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com