Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran Buku Bamsoet di UT: Empat Pilar Jadi Kunci Kerberlanjutan Pembangunan di Masa Depan

Kompas.com - 21/03/2023, 16:02 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

 

KOMPAS.com - Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan Undang-Undang Dasar menjadi empat pilar penting bangsa Indonesia agar siap menghadapi tantangan memasuki era Revolusi Industri 5.0 dan Indonesia Emas 2045.

Hal ini disampaikan Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI dalam sosialiasi empat pilar dan peluncuran buku "PPHN Tanpa Amandemen: Pemikiran Analitik Dasar Hukum Pokok-Pokok Haluan Negara dalam Menghadapi Era Industri 5.0 dan Indonesia Emas 2045" di Universitas Terbuka (UT) pada 21 Maret 2023.

Buku ini adalah inti sari dari disertasi Bambang Soesatyo pada sidang promosi doktoral Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung.

"Kita adalah bangsa yang besar, kita ingin bangsa kita lebih besar lagi dari hari ini. Inilah kita pentingnya menghadirkan PPHN agar terjadi kesinambungan pembangunan dari masa-masa siapapun Presidennya," tegas Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo.

"Tanpa PPHN, saya tidak yakin kita memiliki kesinambungan dalam menyelesaikan permasalahan di masa mendatang," lanjutnya.

Lebih jauh Bamsoet menegaskan, PPHN tanpa amandemen bukan menghambat perubahan, namun justru membantu generasi mendatang dalam memastikan tidak ada pembangunan yang terbengkalai hanya karena pemimpin baru memiliki visi dan misi berbeda dengan pemimpin sebelumnya.

"Kita sesuaikan dengan kekayaan alam dan sumber daya yang kita miliki dan disesuaikan dengan perubahan zaman. PPHN mengantisipasi berbagai permasalahan di masa depan," jelasnya.

Bedah buku ke-30 Bamsoet ini menghadirkan beberapa pembahas yakni; Prof. Hamdan Zoelva (Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia periode 2013-2015) dan Andi Irmanputra Sidin (Ahli Hukum Tata Negara) dengan dipandu Prof. Gorky Sembiring (Dosen Senior UT).

Baca juga: Karena 61 Buku, Dosen Itera Raih Penghargaan Indonesia Book of Records

Sebelumnya Rektor UT Prof. Ojat Darojat dalam sambutan sebagai tuan rumah berharap suatu saat Bamsoet dapat menjadi salah satu guru besar di UT mengingat Bamsoet saat ini juga merupakan dosen dan alumni Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UT.

"Setelah diuji dengan pandemi, UT ditantang untuk mampu mengintergrasikan teknologi informasi dalam penyelengaraan pembelajaran. Kini UT mendapatkan kesempatan dalam peluncuran buku PPHN yang akan menjadi referensi penting bagi bangsa dan masyrakat," ungkap Prof. Ojat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com