Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Universitas Swasta Termahal di Indonesia, Ada Kampusmu?

Kompas.com - 07/03/2023, 16:14 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Biaya kuliah yang dibutuhkan untuk menempuh studi di universitas swasta tentu berbeda dengan biaya kuliah di universitas negeri.

Biaya kuliah di universitas swasta biasanya relatif lebih mahal. Hal ini disebabkan karena universitas swasta tidak mendapatkan subsidi pemerintah dalam pengelolaannya.

Namun demikian, biaya kuliah yang dikeluarkan juga sejalan dengan kualitas dan sarana serta prasarana kampus swasta tersebut.

Di Indonesia, ada beberapa universitas swasta dengan biaya kuliah paling mahal. Melansir dari Kompas.com, Selasa (7/3/2023) ada 5 universitas swasta termahal di Indonesia. Bahkan ada yang biaya kuliahnya mencapai puluhan juta untuk satu semester saja.

Baca juga: 5 Beasiswa ke Luar Negeri Tanpa Syarat IPK Tinggi, Bisa Kuliah Gratis

Universitas swasta termahal di Indonesia

Berikut 5 universitas swasta termahal di Indonesia yang bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di universitas swasta di dalam negeri:

1. Swiss German University (SGU)

Swiss German University adalah universitas swasta yang berada di daerah Tangerang. Ada banyak pilihan fakultas yang ditawarkan SGU, mulai dari Teknik Mekatronoka, Bisnis atau teknik Industri, Teknologi Informasi, dan Administrasi Bisnis Internasional.

Selain itu juga terdapat jurusan Manajemen Hotel dan Pariwisata, Akuntansi, Komunikasi dan hubungan masyarakat, Rekayasa Farmasi, Teknologi Pangan, Teknik dan Biomedis.

Mahasiswa yang ingin kuliah di SGU, perlu merogoh kantong setidaknya Rp 24 juta hingga Rp 28 juta per semester.

Mahalnya kampus tersebut karena didukung oleh tenaga pengajar asing. Kampus bertaraf internasional ini juga menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, access card untuk masuk di gate way, ruangan kuliah dengan AC dan sejumlah fasilitas lainnya.

Baca juga: Cerita Haekal, Kuliah S2 Filologi UI Satu Angkatan Hanya 6 Orang

2. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Universitas Pelita Harapan (UPH). UPH juga masuk daftar kampus swasta termahal di Indonesia.

Prodi yang ada di UPH mulai dari Arsitektur, Bioteknologi, Matematika Terapan dan Aktuaria, Edukasi, Pengelolaan Perhotelab, Teknik Industri, Hubungan Internasional, Desain Produk, Industri Perjalanan dan Pariwisata, Desain Komunikasi Visual, dan lain-lain.

Biaya kuliah semester pertama di UPH berkisar Rp 41,6 juta – Rp 171,75 juta sesuai prodi. Biaya kuliah yang diperlukan terdiri dari admission fee, credit fee, semester/term fee, biaya Llearning facilities, biaya jaket, dan biaya orientasi.

Baca juga: 4 Negara Paling Ramah bagi Mahasiswa dan Rekomendasi Beasiswa S1-S3

3. Universitas Trisakti

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com