Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2023, 18:21 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Apakah kamu ingin mengikuti Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023 tapi bingung mau kemana?

Jangan khawatir dulu. Menentukan kampus tujuan IISMA memang bukanlah hal yang mudah karena berbagai universitas terbaik dunia berlomba-lomba dalam menawarkan program terbaik mereka.

Agar tak membuatmu bingung, ada cara khusus memilih kampus tujuan IISMA 2023.

Dilansir dari laman global Universitas Airlangga (Unair), mahasiswa harus tahu 3 cara memilih kampus tujuan IISMA.

IISMA sendiri adalah program unggulan Kampus Merdeka yang terselenggara melalui kerja sama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan.

Baca juga: Ini Tips Rafa Dapat IPK 4 di Kampus Top Dunia dan Lolos IISMA

Jadi, tentukan tujuan kampusmu di IISMA dengan cara di bawah ini agar bisa merasakan banyak manfaatnya.

Cara memilih kampus tujuan IISMA

1. Riset mendalam tentang kampus tujuan

IISMA telah berhasil menjalin kerja sama dengan berbagai kampus terbaik dunia. Setiap kampus tentunya menawarkan program terbaik mereka. Namun, kamu tak perlu khawatir.

Agar dapat menentukan kampus tujuan yang terbaik bagi dirimu, pastikan kamu telah melakukan riset mendalam tentang calon kampus tujuan.

Pastikan program yang ditawarkan sesuai dengan hal yang kalian suka. Cari tahu apa saja program dan ekstrakurikuler yang ditawarkan, fasilitas apa yang mereka sediakan.

Selain itu, kamu bisa riset tentang asrama untuk mahasiswa. Apakah calon kampusmu menyediakan asrama bagi mahasiswa?

Baca juga: Cek Syarat Skor TOEFL, IELTS, Duolingo Beasiswa IISMA 2023

Hal tersebut merupakan hal krusial karena akan sangat berpengaruh terhadap pengalaman program IISMA-mu dan kenyamanan selama belajar. Jadi, jangan lewatkan waktumu untuk kenalan dengan calon kampus pilihanmu.

2. Kenali negara tujuan

Tak kalah penting adalah memilih negara tujuan. Saat menentukan kampus tujuan IISMA, kamu juga perlu mempertimbangkan latar belakang negara dan budayanya.

Cari tahu apakah terdapat bahasa lokal yang perlu kamu pelajari sebelum mengikuti IISMA agar dapat bertahan hidup dan meminimalisir language barrier yang ada.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com