Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Sambil Hasilkan Cuan? Ini Referensi Jadi Freelancer

Kompas.com - 25/02/2023, 10:45 WIB
Valencia Putri,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai mahasiswa tentu memiliki pengeluaran tertentu, entah biaya kuliah, biaya yang dikeluarkan untuk tugas, maupun untuk kegiatan pribadi. Seringkali hal ini membuat dompet menipis.

Tapi tenang saja, kamu bisa tetap menghasilkan uang walaupun sambil kuliah lho, yaitu dengan cara melakukan freelance di sela-sela kegiatan kuliah.

Jadi, kamu juga bisa menemukan pekerjaan sesuai dengan minat, bakat, dan keahlian kamu ketika ingin kuliah sambil kerja.

Dilansir dari laman https://www.umn.ac.id/, freelance tidak menuntut kamu untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan jurusan kuliah yang sedang diambil tetapi akan lebih baik jika mengambil freelance sesuai dengan jurusan karena hal itu akan semakin memudahkan kalian dalam memahami pekerjaan tersebut.

Berikut ada beberapa referensi freelance yang bisa dikerjakan sambil kuliah bagi para mahasiswa:

Baca juga: Universitas Prasetiya Mulya Resmi Keluarkan Mario Dandy Satrio

1. Jurusan Komunikasi

Jurusan ini merupakan salah satu bidang studi yang mempelajari cara menyampaikan pesan dengan lebih efektif dan efisien. Banyak pekerjaan freelance yang kalian bisa cari ketika kalian berada di jurusan komunikasi, di antaranya:

  • Penulis Konten

Penulis konten bisa sebagai content writer atau copywriter. Tentunya ketika berkuliah kalian kalian akan diajarkan dalam penulisan kreatif.

Penulis konten memiliki tugas dalam membuat konten berbasis artikel ataupun rencana konten yang akan dibuat.

Selain itu, modal dalam penulisan konten juga terbilang cukup mudah untuk dipenuhi. Kalian hanya memerlukan peralatan dalam mengetik dan juga ide-ide yang ada dalam pikiran kalian.
Kalian juga bisa menuangkan keahlian kalian dalam membangun sebuah konten yang akan dijual atau ditayangkan.

Baca juga: Anak Pejabat Ditjen Pajak, Mario Dandy Bukan Lulusan SMA Taruna Nusantara

  • Influencer

Di era sekarang penggunaan media sosial tentunya merupakan suatu hal yang cukup penting untuk kita bisa saling berinteraksi kepada orang lain.

Influencer memiliki tugas dalam mendapatkan hati para pengikut atau penonton, sehingga mampu mempengaruhi cara pandang atau pola pikir audiens.

Menjadi seorang influencer akan berkutat dalam media sosial. Kalian bisa membangun akun media sosial kalian dengan personal branding, sehingga banyak brand yang mampu melihat value kalian. Seorang influencer biasanya erat kaitannya dalam mempromosikan atau review produk tertentu.

  • Content Creator

Content creator adalah sebutan untuk seseorang atau sekumpulan orang yang mendedikasikan waktunya untuk membuat konten-konten yang akan didistribusikan melalui platform tertentu, seperti media sosial.

Hampir sama dengan Influencer, yang menjadi perbedaan adalah terdapat dari sudut pandang bekerja. Biasanya seorang kreator konten akan berfokus pada pembuatan konten-konten menarik yang bisa meningkatkan engagement mereka.

Konten-konten yang diproduksi adalah konten yang memiliki nilai relevan atau relate dengan masyarakat, sehingga konten tersebut bisa dinikmati banyak kalangan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com