Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Undip Inovasi Biodisel dari Minyak Jelantah, Raih Medali Perak di Thailand

Kompas.com - 23/02/2023, 08:37 WIB
|

KOMPAS.com - Inovasi menarik coba dilakukan oleh tim dari mahasiswa Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT Undip).

Para mahasiswa tersebut membuat biodiesel berbahan minyak jelantah dengan menggunakan katalis heterogen bifungsional CaO/Fe2O3.

Menurut ketua tim, Silvia Ariyani, meski penelitian ini sudah pernah dilakukan sebelumnya, namun pihaknya coba memanfaatkan limbah-limbah cangkang telur ayam untuk memperoleh katalis CaO.

"Kemudian proses pembuatan biodiesel dilakukan dengan metode esterifikasi-transesterifikasi simultan, yang artinya proses berlangsung dalam 1 reaktor sehingga lebih efisien dari waktu dan biaya," ujarnya dikutip dari laman Undip, Rabu (22/2/2023).

Baca juga: Mahasiswa KKN UNY Inovasi Keripik Batang Pisang, Begini Cara Buatnya

Silvia bersama 5 rekan lainnya, yakni Muhammad Thariq Thirafi, Intan Permatasari Abriyanto, Raga Bimantoro, Devintya Wu Meyli dan Lutfi Lubihanto.

Mereka melakukan penelitian tersebut bersama dosen pembimbing Prof. Dr. Ir. Luqman Buchori ST., MT., IPM.

Raih medali perak di Thailand

Ternyata, inovasi tersebut berhasil menorehkan prestasi dan meraih medali perak pada ajang bergengsi berskala internasional.

Yakni Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx) 2023.

Adapun Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx) 2023 merupakan rangkaian acara dari kompetisi internasional Thailand Inventors’ Day 2023.

Kompetisi itu diselenggarakan oleh National Research Concil of Thailand (NRCT) Ministry Higher Education, Science, Research and Innovation pada 2-6 Februari 2023 di Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com