Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Umum UMJ, Menkes: 6 Pilar Transformasi Sistem Kesehatan Nasional

Kompas.com - 22/02/2023, 13:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang digagas Asosiasi Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Muhammadiyah (APKKM).

Kuliah umum bertajuk “Transformasi Sistem Kesehatan Nasional” digelar di Aula Gedung Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMJ pada Selasa, 21 Februari 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Haedar Nashir berbagi pandangan bagaimana Muhammadiyah membangun pendidikan dan kesehatan.

"Selama ini, apa yang dilakukan Muhammadiyah dapat mendukung proses pembangunan pendidikan dan kesehatan yang semakin akseleratif untuk hajat hidup orang banyak," ujar Prof. Haedar.

"Tidak mudah bagi Muhammadiyah untuk memajukan pendidikan dan kesehatan. Pendekatan sosial keagamaan yang intensif biasanya dilakukan oleh Muhammadiyah," ungkapnya.

Sebagai contoh, saat memproses pembangunan rumah sakit di Jayapura dan Sorong. Muhammadiyah diterima di sana karena masyarakat merasakan manfaatnya melalui pendidikan dan kesehatan.

"Ini merupakan proses transformasi sosial budaya yang membutuhkan back up yang kuat dari berbagai pihak. Langkah ini terus kita ambil karena kita percaya bahwa Tuhan selalu membukakan jalan bagi orang yang bersungguh-sungguh," tegas Prof. Haedar.

Pada kesempatan sama, Rektor UMJ Ma'mun Murod menggambarkan kondisi kesehatan di Indonesia yang berada jauh di bawah negara lain di Asia Tenggara (ASEAN). Oleh karenanya Ma'mun mendukung Kemenkes untuk melakukan transformasi kesehatan nasional.

Selain itu, Rektor UMJ menyampaikan, salah satu cara untuk melakukan transformasi adalah dengan menggandeng ormas seperti Muhammadiyah.

Ketua APKKM Prof. Suryani As'as menjelaskan, APKKM bertugas melakukan sinergitas dan kolaborasi seluruh potensi di pendidikan kedokteran dan kesehatan.

Prof. Suryani juga menyampaikan, jumlah SDM di FK PTMA yang mencapai 9.000 mahasiswa cukup potensial untuk memberikan kontribusi dalam perbaikan kesehatan dan keberlanjutan pelayanan kesehatan di Indonesia.

Transformasi sistem kesehatan

Baca juga: 15 PTN dengan Daya Tampung Jurusan Kedokteran Terbanyak di SNBP 2023

Menkes Budi Gunadi dalam kuliah umum menjabarkan enam pilar transformasi sistem kesehatan yang dilakukan Kemenkes meliputi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com