Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2023, 14:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, tahun lalu industri kosmetika tanah air berhasil membukukan kenaikan penjualan hingga 9,61 persen.

Pemasaran kosmetik di pasar online bahkan mencapai nilai Rp 11 miliar, atau setara dengan 112.000 transaksi.

Sementara data Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menunjukkan, industri kosmetika mengalami kenaikan jumlah perusahaan hingga 20,6 persen per September 2022.

Pertumbuhan ini menuntut tersedianya SDM tenaga kerja bidang kosmetika yang mumpuni.

Menjawab kebutuhan industri, Universitas Pertamina (UPER) mengembangkan program sains kosmetik guna menjawab kebutuhan pasar. Program ini dikebangkan Universitas Pertamina bekerja sama dengan Mustika Ratu.

Baca juga: Ingin Kerja di Kilang Pertamina? Lulusan Jurusan Ini Dibutuhkan

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, Budi W. Soetjipto mengatakan, program sains kosmetik berfokus pada aspek formulasi, kualitas, dan keamanan kosmetik.

"Diharapkan lulusan akan memiliki kapabilitas dalam mengembangkan kosmetik aman dan sesuai dengan ragam kondisi kulit masyarakat Indonesia,” ujarnya saat ditemui di sela kegiatan Indonesia International Education Training Expo (IIETE) 2023, beberapa waktu lalu.

Budi menambahkan, Universitas Pertamina dan Mustika Ratu mempersiapkan skema pendidikan terbaik, seperti menghadirkan dosen praktisi dan para ahli materi penyusun kosmetik. Hingga kesempatan kerja praktek di PT Mustika Ratu.

Ketua Program Studi Kimia Universitas Pertamina, Dr. Nila T. Berghuis, M.Si., menyampaikan bahwa kerja sama dalam pengembangan sains kosmetik menjadi kesempatan besar bagi mahasiswa di bidang skincare dan kosmetik.

Baca juga: 9 Kampus Milik BUMN buat Mahasiswa, Prospek Kerjanya Tinggi

“Proses edukasi yang didampingi langsung oleh Mustika Ratu akan menjadi peluang pembelajaran yang besar bagi para mahasiswa. Mahasiswa tidak hanya menelaah bahan baku pembuatan produk kecantikan dan perawatan kulit. Namun juga keberlangsungan produk bagi keamanan lingkungan, seperti dampak dari limbah bahan kimia penyusun produk kosmetik,” ujar Nila.

Siska, siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 28 Jakarta menyatakan ketertarikannya pada industri kosmetika.

“Meskipun dari jurusan kebidanan di SMK, saya memiliki ketertarikan dalam bidang pengembangan bahan kimia di aspek kesehatan. Menurut saya hal ini berkaitan dengan keselamatan dan keamanan bagi masyarakat dalam mengonsumsi suatu produk. Mengetahui UPER memiliki peminatan sains kosmetik, jadi ingin bergabung,” tutur Siska.

Pada gelaran IIETE yang berlangsung 16 hingga 19 Februari 2023 tersebut , Universitas Pertamina hadir bersama Mustika Ratu, Universiti Teknologi Petronas (UTP) dan Tenaga Nasional University (UNITEN) dari Malaysia, serta STIKES Pertamedika.

Baca juga: Segini Minimal Nilai Rapor, Ijazah dan UTBK untuk Daftar STAN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com