Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komitmen Berdampak Luas, UT Perkuat PKM Desa Binaan dan Riset Kolaborasi

Kompas.com - 20/02/2023, 11:33 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Meski dikenal sebagai universitas berbasis daring, Universitas Terbuka mendorong seluruh sivitas akademika untuk berkomitmen memberikan dampak nyata kepada masyarakat, di antaranya melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dan juga riset.

Hal ini tergambar dalam kegiatan "Penyerahan Surat Perjanjian Kontrak Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Terbuka (UT) Tahun Anggaran 2023" yang diselenggarakan di UTCC, Tangerang Selatan pada 20 Februari 2023.

Mengangkat tema “Peningkatan Kualitas Penelitian, Publikasi, dan Peran UT dalam Pemberdayaan Masyarakat”, kegiatan ini diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengadian kepada Masyarakat Univesitas Terbuka (LPPM-UT).

Kegiatan terdiri atas penandatanganan Surat Kesediaan Mitra Pengabdian kepada Masyarakat Nasional Desa Binaan UT serta penghargaan Sinta Score tertinggi dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terhadap Aplikasi Program Komputer yang digunakan secara luas di lingkungan UT.

"Kegiatan PKM merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Wadah besar ini selalu menjadi isu strategis karena merupakan bagian dari indeks kinerja utama (IKU) dari Pemerintah," ungkap Rektor UT Prof. Ojat Darojat dalam pembukaan acara.

Ia menjelaskan dana PKM yang telah dicurahkan setiap tahun cenderung mengalami kenaikan.

Pada tahun 2022, dana penelitian yang dikucurkan oleh UT mencapai Rp 37,3 Miliar dan pada tahun 2023 meningkat menjadi Rp 44 miliar.

"Dana ini besar sekali, mungkin masuk kategori dana internal terbesar di lingkungan PTN. UT berkomitmen untuk mengembangkan potensi dosen dan tendik melalui kegiatan penelitian untuk pengembangan ilmu dan penelitian terapan yang inovatif dan berdaya guna," tegas Rektor UT.

Terkait program PKM Nasional UT Desa Binaa, Rektor UT berharap, "semoga ini bermanfaat bagi masyarakat desa yang kita bina.

PKM Nasional Desa Binaan UT

Dalam kesempatan sama, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UT Dewi Artati Padmo Putri menyampaikan, proposal penelitian didanai UT tahun 2023 berjumlah 518 judul.

Baca juga: Gebrakan Program Kampus Merdeka Jadi Upaya Dalam Memperluas Ruang Pengabdian Masyarakat

"Jumlah tersebut terdiri dari 348 judul Penelitian Keilmuan dan 170 judul Riset dan Inovasi PTJJ, termasuk riset kolaborasi nasional dan internasional. Selain itu, proposal PKM yang didanai berjumlah 213 judul dan 40 judul merupakan kegiatan PKM nasional Desa Binaan," ungkap Dewi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com