Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Strategi Pilih Prodi di SNBP 2023 agar Peluang Lolos Tinggi

Kompas.com - 14/02/2023, 10:46 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) resmi dibuka hari ini, Selasa (14/2/2023) dan berlangsung hingga 28 Februari 2023.

Di tahun 2023, ada 94 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bisa menjadi pilihan calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Simak daftar lengkap PTN di 94 PTN di Tiap Provinsi untuk SNBP 2023, Aceh sampai Papua Barat

Tidak hanya soal memilih PTN, pemilihan program studi (prodi) atau jurusan kuliah juga perlu dipersiapkan dengan matang, agar peluang lolos SNBP 2023 semakin tinggi.

Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik Universitas Brawijaya (UB), Heri Prawoto Widodo memberikan sejumlah kiat dalam memilih prodi di SNBP 2023 dalam Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya, Rabu (8/2/2023). Berikut Kompas.com rangkumkan 7 strategi memilih prodi SNBP 2023:

1. Jangan ikut-ikutan teman

Jika di sekolahmu ada 10 siswa yang ikut SNBP dan semua memilih jurusan Kedokteran Universitas Brawijaya (UB), maka kemungkinan kamu untuk lolos akan semakin kecil.

Sebab, kamu harus bersaing dengan teman satu sekolah plus calon mahasiswa se-Indonesia yang memilih jurusan di PTN yang sama.

Tidak hanya itu, sejumlah PTN kini memiliki kebijakan pemerataan untuk semua sekolah, sehingga tidak bisa menerima banyak siswa dari satu sekolah untuk jurusan yang sama.

Baca juga: Universitas Brawijaya Buka Jalur Fast Track, S1 Plus S2 Hanya 5 Tahun

Heri mengatakan, di UB sendiri menerapkan sistem pemerataan untuk semua SMA, SMK dan MA di Indonesia.

"Kita tidak mungkin lagi menerima satu SMA di prodi yang sama walaupun secara nilainya sangat bagus. Pasti ada pemerataannya," ujarnya.

 

2. Guru BK memetakan pilihan siswa

Karena itu, heri menyarankan Guru BK untuk memetakan pilihan siswanya agar tidak ada siswa yang memilih prodi di PTN yang sama lebih dari dua orang.

"Guru BK sudah harus memetakan pilihan semua siswanya jangan sampai dalam satu sekolah memilih prodi yang sama lebih dari dua orang," ujarnya.

Jika memungkinkan, bila pilihan prodi sama dengan teman satu sekolah, pilihlah PTN yang berbeda. Atau jika memilih PTN yang sama, pilihlah prodi yang berbeda.

3. Pilih prodi paling kamu minati

Jika hanya memilih satu prodi, pilihlah hanya satu prodi yang benar-benar kamu minati. Sehingga, jika tidak lolos prodi tersebut, kamu masih bisa memilih prodi yang sama di Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT 2023).

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad 2022

4. Jangan pilih prodi hanya untuk cadangan

Bila memilih dua prodi, jangan memilih prodi yang tidak sesuai keinginan atau tidak sesuai dengan minat dan bakat.

Jika lolos prodi tersebut, mau tidak mau kamu harus menjalaninya. Sebab, jika lolos SNBP maka tidak bisa mendaftar di UTBK SNBT.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com