Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahap 2 Pendaftaran "Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023" Jenjang SD dan SMP Resmi Dibuka

Kompas.com - 10/02/2023, 19:54 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Badan Pengelola Usaha Universitas Negeri Jakarta (BPU UNJ) melalui panitia kegiatan terus melakukan sosialisasi kepada seluruh sekolah di Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023.

Setelah sebelumnya melakukan sosialisasi tahap 2 pada jenjang SMA, SMK dan sederajat tingkat nasional. Pihak panitia kembali melakukan sosialisasi tahap 2 untuk jenjang SD, SMP, dan sederajat tingkat nasional melalui Zoom dan Live Streaming di kanal Youtube PesonaEdukasi pada Jumat, 10 Februari 2023.

Bagi sekolah di seluruh Indonesia yang ingin mendaftarkan siswanya pada kompetisi ini tidak dipungut biaya atau gratis.

Ketua Pelaksana Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional 2023, Teguh Trianung Djoko Susanto menyatakan penguasaan literasi dan numerasi adalah dua kompetensi dasar yang perlu dikuasai oleh generasi pelajar dan sebagai modal utama bagi kemajuan suatu bangsa.

"Selain itu juga sebagai indikator seberapa jauh pencapaian suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan mampu berkompetisi secara global," jelas Teguh Trianung.

Teguh Trianung melanjutkan, kedua hal tersebut akan diujikan dalam kompetisi ini dan dilakukan dalam ajang Programme for International Student Assessment (PISA) untuk mengukur kompetensi siswa suatu negara.

Selain itu perlu juga penguasaan materi yang kuat sejak dini untuk mengedepankan peningkatan daya nalar berpikir kritis dan berkreasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

"Penyelenggaraan kompetisi ini selain membantu para peserta didik untuk lebih cepat menguasai kompetensi sekaligus sebagai alat ukur dan pemetaan kompetensi peserta didik di Indonesia," ujar Teguh Trianung Djoko Susanto.

Baca juga: Bersama PWI, Perpusnas Kuatkan Literasi Masyarakat

Sementara itu Prof. Sofia Hartati, Ketua BPU UNJ menyampaikan, UNJ memiliki komitmen besar untuk bisa memberikan sumbangsih kepada pengembangan kompetensi dan juga kemampuan para peserta didik di seluruh indonesia dalam hal literasi dan numerasi.

"Oleh karena itu, UNJ tidak akan pernah berhenti untuk terus bisa berkontribusi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya dengan lomba literasi dan numerasi ini," tegasnya.

Poin tambahan Jalur Prestasi PPDB Jakarta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com