Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2023, 10:26 WIB

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan jumlah penerimaan mahasiswa baru terbanyak di tahun 2022. Di tahun 2023, Universitas Brawijaya membuka sejumlah jalur masuk yang bisa ditempuh calon mahasiswa D3, D4 hingga S1.

Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik UB, Heri Prawoto Widodo menjelaskan terkait jalur dan kuota yang dibuka UB di tahun 2023.

Untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023, UB membuka kuota 30 persen. Pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) kuota yang disediakan UB sebanyak 30 persen, dan jalur Mandiri sebanyak 40 persen.

Baca juga: 20 PTN Penerima Siswa Terbanyak Jalur SNMPTN, Referensi SNBP 2023

"Adik-adik bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa mendaftar di Universitas Brawijaya karena kuota kita secara nasional memang cukup besar karena jumlah dosen cukup banyak , kelasnya banyak, jumlah prodinya banyak. Sehingga masuk UB bukan berarti banyak diterima mudah, karena persaingan tetap tinggi, tetapi kuota UB dibanding PTN lain relatif lebih besar, karena sudah memiliki sarana pendukung yang memenuhi untuk menerima jumlah lebih banyak," ujar Heri dalam Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya, Rabu (8/2/2023).

Heri juga mengingatkan calon mahasiswa bahwa selain jalur resmi yang disebutkan, UB tidak bekerja sama dengan pihak atau oknum manapun yang menjanjikan calon mahasiswa bisa masuk UB dengan biaya tertentu.

1. SNBP 2023

Jalur SNBP 2023 UB terbuka bagi calon mahasiswa D3, D4 dan S1. Pendaftaran SNBP dibuka pada 14-28 Februari 2023.

Heri mengatakan, salah satu poin plus dari SNBP ialah mahasiswa dikenakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) standar dan tidak ada uang pangkal.

Baca juga: Kapan Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka? Cek Syarat dan Cara Daftarnya

2. SNBT 2023

Jalur SNBT 2023 UB terbuka bagi calon mahasiswa D3, D4 dan S1. Pendaftaran SNBT dibuka pada 23 Maret hingga 14 April 2023.

Sama seperti SNBP, salah satu poin plus dari SNBT adalah mahasiswa dikenakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) standar dan tidak ada uang pangkal.

"Ini menjadi suatu poin bagi adik-adik yang ingin diterima di D3, D4 atau mungkin persaingannya lebih ketat di S1," imbuh Heri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+