Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Syarat Daftar Program IISMA untuk Mahasiswa

Kompas.com - 07/02/2023, 10:37 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) menggelar roadshow sosialisasi IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) 2023 yang bertempat di Aula Fadjar Notonegoro, Lantai 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair pada Jumat (3/2/2023).

Sesi penyampaian materi dibuka oleh Astria Okta Herdiani, selaku Head of Global Mobility Programs dari Airlangga Global Engagement (AGE).

Baca juga: Cek Syarat dan Cara Daftar S1 Unhan 2023, Kuliah Gratis Lulus Jadi TNI

Astria menjelaskan, berbagai kriteria maupun persyaratan yang harus disiapkan oleh mahasiswa untuk mendaftar IISMA 2023.

Pendaftaran IISMA 2023 dibuka mulai 8 Februari hingga 1 Maret 2023.

Untuk mengikuti program IISMA, ada beberapa persyaratan yang perlu dikantongi oleh mahasiswa ketika hendak mendaftar.

Pertama, merupakan mahasiswa aktif yang sedang berada di semester 4 sampai semester 6 yang memiliki IPK minimal 3.

Kedua, berusia maksimal 23 tahun dan memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris dengan skor minimal TOEFL iBT 78 atau IELTS 6.0 atau DET (Duolingo) 100.

Ketiga, mahasiswa tidak pernah mengambil cuti semester dan memiliki surat pencalonan atau nomination letter dari Wakil Rektor melalui AGE.

"Untuk nomination letter dapat dilihat prosedurnya pada tautan, dan tautannya akan dapat diakses pada 13 Februari 2023," ungkap dia mengutip laman Unair, Selasa (7/2/2023).

Adapun mahasiswa Unair yang ingin mendaftar IISMA maka bisa lewat laman http://bit.ly/IISMAUNAIR2023.

Keempat, mahasiswa yang mendaftar tidak memiliki pengalaman dalam mobilitas keluar fisik apa pun.

Baca juga: 10 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

"Seperti contoh summer/winter program, internship, semester exchange, credit mobility, sit-in, dual/double degree," jelas dia.

Kelima, tidak mengikuti lebih dari satu kegiatan MBKM unggulan dan menerima dana atau beasiswa apapun dari Kemendikbud Ristek dan LPDP selama Program IISMA.

Tak lupa Astria juga memberitahu, beberapa dokumen yang perlu diunggah ketika mendaftar adalah transkrip akademik, kartu pelajar, sertifikat TOEFL/IELTS/Duolingo, Halaman ID paspor dan draft esai.

Salah satu mahasiswa FEB Unair, Alifyaa Rahmanita yang menjadi penerima IISMA menceritakan beberapa pengalaman serta tips yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri dalam pendaftaran IISMA 2023.

Setelah melakukan riset mengenai kampus yang akan dituju, Alifiyaa berkata yang tak kalah penting adalah persiapan menulis esai.

Yang pertama dilakukan Alifiyaa adalah drafting atau penyusunan, mencari inspirasi, kemudian meninjau ulang dan menemukan referensi esai dari penerima beasiswa sebelumnya.

Baca juga: 15 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2023

"Setelah menemukan inspirasi dapat ditulis langsung tulis dan menulis saja, tapi perlu diperhatikan sebaiknya menuliskannya tidak hanya fokus terhadap pencapaian tetapi juga harus ada impact, dan jangan menyalin esai orang lain, kalian juga bisa meminta teman terdekat untuk mengulas esaimu," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com