Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 21 Prodi Sekolah Vokasi UGM, Cocok yang Ingin Kuliah D4

Kompas.com - 06/02/2023, 16:38 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang berniat kuliah di pendidikan tinggi vokasi, maka harus menentukan pilihan kampus serta jurusan kuliahnya.

Sebab, memilih jurusan kuliah tidak bisa sembarangan. Semua harus sesuai dengan minat dan bakatnya. Bahkan pilih jurusan kuliah juga tidak bisa asal ikut-ikutan teman saja.

Namun bagi yang sudah menentukan ingin kuliah di pendidikan vokasi atau kuliah D4, maka harus paham seluk beluknya dengan baik. Tapi, apakah calon mahasiswa sudah paham apa itu D4? Apakah sama dengan S1?

Melansir laman Universitas Gadjah Mada (UGM), di UGM punya Sekolah Vokasi (SV). Adapun SV UGM adalah salah satu dari banyak fakultas yang menyelenggarakan program sarjana terapan.

Baca juga: Tahun Lalu, 3.000 Mahasiswa Berprestasi UGM Terima Insentif Total Rp 2 Miliar

Tentunya, SV UGM adalah pendidikan tinggi vokasi seperti politeknik namun berada di dalam tata kelola Universitas Gadjah Mada (UGM). Selain itu, SV UGM juga punya keunggulan dibandingkan pendidikan tinggi vokasi lainnya.

Untuk visi dan misinya ialah memberikan karakter pada sistem pembelajaran dengan mekanisme sistem penjaminan mutu internal yang berkualitas, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh dunia kerja atau industri.

Tak hanya itu saja, posisi strategis dan potensi SV UGM telah banyak menarik partner kerja sama, baik dari dalam maupun luar negeri.

Keunggulan sekolah vokasi UGM

Menjadi sarjana terapan tentu memiliki keunggulan tersendiri yang tak dimiliki lulusan S1:

1. Dapat sertifikat kompetensi

Jika lulus, mahasiswa sarjana terapan tak hanya dapat ijazah saja. Mereka secara langsung juga mendapatkan sertifikat kompetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Tentunya ini memberikan nilai tambah mahasiswa sarjana terapan ketika akan mendaftar pekerjaan. Sebab, mereka tidak perlu lagi susah payah mencarinya sendiri.

Baca juga: 5 Tips Cegah Penculikan Anak dari Psikolog UGM

2. Bisa buat produk yang dapat dipatenkan

Sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa sarjana terapan ialah salah satu syarat kelulusan mahasiswa sarjana terapan ialah membuat sebuah prototype atau produk baru.

3. Kurikulum 60 persen praktik 40 persen teori

Selain itu, keunggulan sekolah vokasi UGM ialah mahasiswa sarjana terapan dikonsep dengan kemampuannya yang spesifik.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com