Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2023, 17:58 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Akreditasi Universitas Padjadjaran (UNpad) berhasil dikonversi dari A menjadi Unggul berdasarkan SK Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 67/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/I/2023 tertanggal 31 Januari 2023.

Konversi akreditasi Unggul ini menandakan bahwa Unpad terus berkomitmen mempertahankan kualitas tri dharma perguruan tinggi.

Baca juga: 15 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2023

"Kita masih mempertahankan kualitas institusi kita yang tergolong baik," kata Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dikutip dari laman Unpad, Kamis (2/2/2023).

Rektor menjelaskan, konversi akreditasi Unpad ini merupakan wujud dari regulasi yang ditetapkan Kemendikbudristek RI.

Sesuai regulasi tersebut, penamaan akreditasi institusi pendidikan tidak lagi menggunakan predikat huruf (A, B, atau C), tetapi dikonversi menjadi Unggul, Baik Sekali, atau Baik.

Untuk bisa dikonversi ada beberapa ketentuan yang wajib dipenuhi.

Sebagai contoh, ketika Unpad akan mengonversi akreditasi menjadi Unggul dilihat dari masukan dan luaran yang dihasilkan, seperti proporsi lulusan tepat waktu, jumlah pendaftar, hingga tingkat keketatannya.

Data tersebut dipaparkan dalam Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

"Kalau perguruan tinggi yang unggul atau berkualitas harus membuktikan bahwa peminatnya tetap banyak, lulusan tepat waktunya tetap terjaga dan data lainnya. Konversi ini adalah untuk melihat apakah predikat ‘A’ yang diperoleh dahulu sampai hari ini masih bisa dikonversi menjadi sama-sama unggul atau tidak," ungkap dia.

Hasil konversi akreditasi “Unggul” tersebut ditetapkan hingga 19 Desember 2023, sesuai dengan masa berlaku akreditasi sebelumnya.

BAN-PT kemudian akan menerbitkan kembali SK Akreditasi Unggul untuk periode lima tahun berikutnya apabila lolos pemantauan dan evaluasi berikutnya berdasarkan kinerja input, proses, dan output.

Baca juga: Pilih Jurusan Kedokteran di SNBP 2023, Harus Unggul di 3 Mapel Ini

Dengan ditetapkan sebagai “Unggul”, Unpad wajib mempertahankan kualitasnya. Rektor menekankan, kualitas Unpad tidak boleh menurun dari sekarang.

Instrumen seperti masukan-luaran yang dihasilkan harus dipertahankan dan ditingkatkan kembali.

Salah satu contoh yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan adalah proporsi lulusan tepat waktu.

Menurut Rektor, Unpad tidak sekadar meningkatkan lulusan tepat waktu secara kuantitas. Para lulusan juga harus membuktikan kompetensi unggulnya setelah diterima di dunia kerja, serta mampu membuktikan bahwa kualitas kariernya baik.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Rektor mendorong seluruh warga Unpad berperan dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas institusi.

Baca juga: Cek Syarat dan Cara Daftar S1 Unhan 2023, Kuliah Gratis Lulus Jadi TNI

"Kita harus bisa membuktikan dengan kualitas yang unggul itu apa yang bisa kita tunjukkan pada masyarakat sesuai tridarmanya Unpad. Itu yang harus kita jaga dan tingkatkan karena bukan tidak mungkin parameternya akan lebih tinggi," tukas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com