Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2023, 17:20 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis


KOMPAS.com- Yayasan Pendidikan Unggulan Rushd menggelar kompetisi bahasa Inggris "Rushd English Competition (REC) 2022"  yang diusung tema "Evolving Creativity of Young Generation with English Language".

Kegiatan perlombaan ini dapat diikuti seluruh siswa SMP/MTs sederajat yang berada di Solo Raya yang meliputi Kota Surakarta dan daerah penyangganya seperti Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten.

Kompetisi ini merupakan kegiatan perdana yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Unggulan Rushd dan menjadi salah satu kompetisi bahasa Inggris terbesar di Solo Raya.

Lomba ditujukan bagi siswa tingkat SMP/MTS/sederajat kelas 7, 8, dan 9 sebagai perlombaan kemampuan bahasa Inggris dalam soal-soal yang disesuaikan tingkat kesulitannya.

Para peserta ditantang untuk memecahkan soal-soal dengan beragam tingkat kesulitan.

Ketua Yayasan Pendidikan Unggulan Rushd, Hendri Dwi Purnomo melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com (2/2/2023) menyampaikan, “melalui event perdana Yayasan Pendidikan Unggulan Rushd, Rushd English Competition 2022 ini semoga dapat memberikan apresiasi kepada siswa-siswa SMP yang memiliki kompetensi di bidang Bahasa Inggris."

Hendri Dwi Purnomo juga menegaskan, "Rushd English Competition2022" merupakan perwujudan kontribusi yayasan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, utamanya dalam kemampuan bahasa asing para siswa tingkat SMP/MTs.

Pemenang REC 2022

Babak penyisihan REC 2022 telah dilaksanakan pada 11 Desember 2022. Dari hasil babak penyisihan, terjaring 100 peserta terbaik melaju ke final pada 28 Januari 2023.

Kegiatan penyisihan dilaksanakan secara daring menggunakan platform latihan.id dan final dilaksanakan secara offline di kampus SMA Unggulan Rushd, Masaran, Sragen, Jawa Tengah.

Baca juga: Surabaya, Kota dengan Kemampuan Bahasa Inggris Terbaik di Indonesia

Final Rushd English Competition 2022 turut dihadiri Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen yang diwakili Edi Purnomo, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Menengah Pertama.

Edi Purnomo memberikan apresiasi kegiatan REC 2022 dan berharap untuk kegiatan selanjutnya dapat ditambahkan kompetisi untuk kompetensi siswa yang lainnya seperti story telling dan sejenisnya.

Lomba ini khusus untuk peserta didik tingkat SMP/MTS/se-derajat kelas 7, 8, dan 9 sebagai perlombaan kemampuan bahasa Inggris dalam soal-soal yang disesuaikan tingkat kesulitannya. DOK.Rushd Lomba ini khusus untuk peserta didik tingkat SMP/MTS/se-derajat kelas 7, 8, dan 9 sebagai perlombaan kemampuan bahasa Inggris dalam soal-soal yang disesuaikan tingkat kesulitannya.

Adapun para pemenang Rushd English Competition 2022 adalah sebagai berikut:

Medali Emas

  • Pratistha Faiha Asy-syarifa (SMP Insan Cendekia Boarding School)
  • Chelsea Josephine Candra (SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta)
  • Fatyanaura Arleyza (SMP Negeri 9 Surakarta)

Medali Perak

  • Kalingga Yudha (SMP PL Bintang Laut Surakarta)
  • Valencia Vannia Prasetyo (SMP Kristen Kalam Kudus)
  • Damianus Panji Mahesa (SMP PL Bintang Laut Surakarta)
  • Matthew Darren Setiawan (SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta)
  • Gabriella Chelsea Adita (SMP Kalam Kudus Internasional Program)

 

Medali Perunggu

  • Annita Dewi Anggraeni (SMP Negeri 1 Mojolaban)
  • Lintang Citra Sagita (SMP Al Azhar international Islamic Boarding School)
  • Audrey Avalokitesvara Nathania (SMP Kalam Kudus)
  • Callysta Maharani Wibowo (SMP Pangudi Luhur Bintang Laut)
  • Farrel Nabil Kaisan (SMPIT Hidayah Klaten)
  • Habibah Syifa Qolbi Utomo (SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen)
  • Vallerie Graciachrista Yudhistira (SMP Pangudi Luhur Bintang Laut Surakarta)

Para juara Rushd English Competition 2022 mendapatkan medali, sertifikat dan uang pembinaan; Rp. 1.000.000 untuk medali emas, Rp. 750.000 untuk peraih perak, dan Rp. 500.000 bagi peraih medali perunggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com