Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa ITS Inovasi Aplikasi Sarapanku, Cocok bagi Anak Rantau

Kompas.com - 28/01/2023, 12:24 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kebiasaan baik sarapan atau makan pagi seringkali diabaikan. Apalagi bagi mahasiswa yang sibuk dengan kegiatannya.

Terkait hal itu, tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang bernama Tim Reveluv kemudian membuat inovasi atau merancang aplikasi Sarapanku.

Adapun aplikasi itu adalah sebuah platform pembiasaan sarapan bagi mahasiswa atau anak rantau. Ini karena mahasiswa rantau tinggal di kos dan jauh dari orangtua.

Menurut Ketua Tim Reveluv ITS Nur Muhammad Ainul Yaqin, ide untuk mendesain aplikasi ini bermula dari pengalaman pribadinya yang kerap kali terkena sakit maag akibat kebiasaan buruk menunda sarapan.

Baca juga: Mahasiswi Unej Inovasi Permen Anti Karies Gigi

"Kesibukan kuliah dan organisasi yang cukup padat sejak pagi tidak dipungkiri menimbulkan penyakit yang terlambat disadari," ujarnya dikutip dari laman ITS, Kamis (26/1/2023).

Dijelaskan, ada 4 fitur di aplikasi Sarapanku, yakni:

  1. Weekly Subscription Sarapan
  2. Sarapanku Strike Point
  3. AI Generated Menu Recommend
  4. Ajak Teman dan Monitor Orang Tua

Tentu, fitur-fitur tersebut dirancang untuk difokuskan terhadap masalah sarapan dan pembiasaannya bagi mahasiswa atau anak rantau.

1. Weekly Subscription Sarapan

Fitur ini mengharuskan pengguna untuk berlangganan katering sarapan selama seminggu dengan sistem pembayaran yang dilakukan di awal.

Bekerja sama dengan mitra katering di sekitar ITS, paket sarapan yang dipilih akan diantarkan setiap harinya ke alamat pengguna mulai pukul 05.00 hingga 08.00 pagi.

Baca juga: Dosen Itera Inovasi Teh Alami dari Rambut Jagung, Ini Cara Buatnya

2. Sarapanku Strike Point

Menariknya, Sarapanku juga merancang pengalaman gamifikasi bagi pengguna melalui fitur Sarapanku Strike Point. Dengan fitur ini, setiap harinya poin pengguna dapat terus bertambah apabila mengambil sarapan yang diantar.

Poin yang diperoleh dapat digunakan untuk menaikkan level di aplikasi serta menikmati fasilitas promo. "Apabila dalam satu hari pengguna enggan mengambil sarapan, maka poin akan kembali ke nol," jelasnya.

3. AI Generated Menu Recommend

Adapun fitur AI Generated Menu Recommend memungkinkan pengguna untuk memilih paket menu mingguan yang sesuai dengan preferensinya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com