Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zenius Gelar "New Primagama X Danamon Mencari Juara", Berhadiah Tabungan Pendidikan Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 27/01/2023, 16:59 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - New Primagama Powered by Zenius menggelar program "New Primagama X Danamon Mencari Juara". Program ini merupakan kompetisi nasional untuk siswa SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia.

Program tahunan dari New Primagama ini akan berlangsung hingga pertengahan 2023.

Bekerja sama dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk, "New Primagama X Danamon Mencari Juara" merupakan program bertujuan menguji kemampuan siswa dengan soal-soal berstandar olimpiade.

Kompetisi menguji literasi, numerasi, dan sains untuk siswa kelas 4-6 SD dan SMP, dan matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, atau geografi untuk para siswa SMA.

Selain mengikuti kompetisi, para siswa yang sudah mengikuti babak penyisihan akan bisa mengikuti pembahasan soal dengan para mentor New Primagama secara langsung sehingga, tidak hanya mengikuti kompetisi saja, tetapi peserta juga bisa mendapatkan penjelasan dari soal-soal yang dikerjakan.

Baca juga: Orangtua, Ini 5 Cara Seru Melatih Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak Sejak Dini

Seminggu sebelum babak final digelar, para finalis juga akan mendapatkan coaching clinic berupa kelas pembahasan/training yang diberikan langsung dari tentor New Primagama.

Hal ini dilakukan agar para finalis mendapatkan persiapan yang lebih baik dalam mengerjakan soal-soal yang mereka hadapi di babak final.

Founder dan Chief Education Officer Zenius Sabda PS mengatakan, “New Primagama X Danamon Mencari Juara merupakan kesempatan bagus bagi para siswa di Indonesia untuk menguji kemampuan literasi, numerasi, dan sains mereka."

"Soal-soal yang ada di kompetisi ini dibuat selaras dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dari Kemendikbud dan mengacu kepada PISA (Program Penilaian Pelajar Internasional),” jelas Sabda.

Baca juga: Gladi Bersih ANBK 2022 SD/MI Dimulai, Cek Contoh Soal Numerasi

New Primagama juga bekerja sama dengan Danamon dalam menyelenggarakan kompetisi tahunan ini. Danamon akan menyediakan tabungan pendidikan sebesar ratusan juta rupiah untuk para pemenang.

Ivan Jaya, Consumer Funding Business Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengatakan, “Danamon bangga dapat bekerja sama dengan New Primagama untuk mendorong lahirnya bakat-bakat baru dari generasi muda Indonesia yang memiliki standar kompetensi internasional.

Hal ini sesuai dengan visi Bank Danamon untuk “Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan”, yang diterjemahkan menjadi aspirasi untuk terus tumbuh bersama nasabah sebagai sebuah organisasi yang customer-centric sebagai “Bank Pilihan Anda”.

Baca juga: Ajarkan Siswa Literasi Numerasi lewat Bertani, Ini Cerita Guru di Kediri

"Danamon memiliki proposisi nilai unik yang berfokus pada sales and service excellence, sinergi yang kuat dengan para mitra dan pemangku kepentingan, serta didukung oleh teknologi kelas dunia untuk memberikan berbagai solusi keuangan terbaik untuk membantu masyarakat, terutama nasabah, memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan finansial mereka,” jelasnya.

Akan ada sepuluh orang juara dari tiap kategori yang diujikan yang akan mendapatkan gadget, medali, sertifikat, dan tabungan pendidikan dari Danamon. Secara keseluruhan, akan ada 80 juara dari kompetisi ini.

Periode pendaftaran dan penyisihan babak pertama program ini dibuka sejak 12 Desember 2022 hingga 28 Januari 2023. Sementara babak semifinal akan digelar pada 27 Februari - 4 Maret 2023.

Baca juga: ANBK 2022 Jenjang SMP Dimulai, Cek Contoh Soal AKM Literasi Numerasi

Babak penyisihan dan semifinal akan dilakukan serentak di seluruh cabang New Primagama menggunakan platform Zenius. Berbeda dengan babak semifinal, babak final yang akan digelar secara offline di Jakarta pada 25-26 Maret 2023 mendatang.

“Semoga program ini bisa menghidupkan semangat berkompetisi bagi para siswa dan sekolah. Kami juga berharap program ini juga bisa memberikan pencerahan kepada para siswa melalui pembahasan soal dan coaching clinic," harap Sabda.

"Jadi selain berkompetisi, mereka juga bisa mendapatkan gambaran tentang soal-soal AKM, dan bagaimana menyelesaikan soal-soal tersebut melalui pemahaman konsep,” pungkas Sabda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com