Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2023, 15:57 WIB

 

KOMPAS.com - Tanam Ilmu, edutech Tanah Air, menggelar roadshow ke beberapa sekolah SMK dan SMA di daerah seperti Lampung, Yogyakarta, Kediri, dan Lombok pada Januari hingga Mei 2023 dengan tujuan sosialisai aplikasi pencari kerja yang dikembangkan bersama asosiasi industri dan juga peluang kuliah ke Australia.

Roadshow tahap pertama dilakukan pada 18-20 Januari 2023 dengan tujuan lima sekolah di Lampung yaitu SMKN 1 Metro, SMK 3 Muhammadiyah Metro, SMA Kristen Metro, SMA Yos Sudarso, dan juga SMAN 1 Banjar Agung.

CEO Tanam Ilmu, Art Dito Pangestu, melalui rilis resmi (24/1/2023) menjelaskan, pihaknya meluncurkan fitur solutif bagi lulusan SMK dan SMA bernama “Work and Study” yang diharapkan dapat membantu lulusan SMK/SMA yang masih galau menentukan pilihan langsung bekerja atau melanjutkan studi.

Fitur baru ini harapannya menjadikan para siswa bisa langsung bekerja sambil studi lanjut diploma ke pendidikan tinggi Australia.

Dito mengungkapkan, Tanam Ilmu telah menjalin kerja sama dengan beberapa pendidikan tinggi vokasi Australia, khususnya di Melbourne, antara lain Melbourne City College, International College of Melbourne, Acedemia Institute, Einstein College, dan Greewich College.

"Melalui aplikasi Tanam Ilmu mereka dapat mengakses pekerjaan yang mereka inginkan sesuai dengan minat dan kompetensinya, serta bagi yang ingin mengubah nasibnya di Negeri Kanguru akan mendapatkan pendampingan khusus secara gratis oleh Founder Hijrah Australia," jelas Art Diro.

Ia juga menyampaikan, fitur hasil kolaborasi dengan CEC Kampung Inggris Pare dan Hijrah Australia ini mendapatkan respons positif dari siswa dan juga sekolah.

"Saya merekomendasikan para siswa yang ingin cepat bekerja dan lanjut studi di luar negeri khususnya di Australia untuk mengikuti program yang disiapkan oleh Tanam Ilmu," ujar Mega Kepala Sekolah SMAN 1 Banjar Agung.

"Program ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dan langsung bekerja, bukan sekadar magang," tambah Mega.

Baca juga: Aplikasi Karya Mahasiswa PENS Dukung Industri Fesyen

Sebagai informasi, Tanam Ilmu sejak tahun 2022 lalu juga telah berkolaborasi dengan HMPPI (Himpunan Manager Pelatihan Perhotelan Indonesia) yang berpartisipasi dalam penyediaan instruktur level manager dan memungkinkan peserta Tanam Ilmu untuk bekerja di jaringan hotel tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+