Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2023, 14:55 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak peralatan yang selalu digunakan manusia setiap hari. Mulai dari sikat gigi, peralatan makan sampai lantai keramik yang diinjak.

Jadi, kita sudah dekat dan selalu terkait dengan keilmuan Teknik Material dengan kehidupan manusia sehari-hari.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan dunia material tersebut, maka bisa mengambil jurusan kuliah atau Prodi Teknik Material.

Informasi yang dirangkum dari laman Institut Teknologi Bandung (ITB), dipaparkan mengenai apa saja yang dipelajari di Prodi Teknik Material ITB serta prospek kerjanya.

Baca juga: Ikut SNBP 2023? Simak 9 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai

Program Studi Teknik Material merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang semua aspek yang berkaitan dengan struktur, sifat, dan karakteristik materi serta interaksinya.

Oleh karena itu, seorang ahli Teknik Material akan mampu membuat dan merekayasa material sehingga dihasilkan material yang unggul dan berdaya guna tinggi.

Bidang keilmuan Teknik Material memiliki cakupan yang sangat luas karena mencakup semua hal yang berkaitan dengan keberadaan materi itu sendiri, baik yang sudah disediakan oleh alam maupun yang dikembangkan di laboratorium.

Sedangkan perkembangan di bidang Teknik Material secara langsung akan mempengaruhi perkembangan disiplin ilmu dan teknologi lainnya, terutama yang berkenaan dengan ketersediaan material yang dapat menunjang teknologi tersebut.

Sebagai contoh, penemuan material semikonduktor untuk IC yang menggantikan transistor mengawali perkembangan di bidang instrumentasi dan elektronika.

Berkaitan dengan ilmu-ilmu lainnya

Jika kamu nanti kuliah di Prodi Teknik Material, maka akan banyak menghabiskan waktu di laboratorium. Melakukan pengujian dan percobaan terhadap material tertentu.

Nantinya, ilmu yang didapatkan di Teknik Material juga akan mampu menentukan material apa yang paling cocok digunakan untuk membuat sesuatu.

Baca juga: Cek Jurusan Kuliah yang Prospek Kerjanya Bagus, Nomor 1 Tak Diragukan Lagi

Keilmuan Teknik Material akan sangat berkaitan erat dengan ilmu-ilmu lainnya. Misalnya saja keterkaitan ilmu Teknik Material dengan Teknik Penerbangan.

Dalam pembuatan kerangka pesawat terbang, mahasiswa Teknik Penerbangan yang akan mendesain dan merancang struktur rangka pesawat yang ringan namun kuat.

Sedangkan sarjana Teknik Material akan menentukan material apa yang paling cocok untuk menyokong struktur dan desain yang telah dirancang oleh sarjana Teknik Penerbangan tadi.

Sehingga dengan kerjasama tersebut akan dihasilkan pesawat terbang yang kokoh baik dari aspek teknis maupun materialnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com