Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plt. Ditjen Dikti Ingatkan Siswa-Sekolah Segera Buat Akun SNPMB 2023

Kompas.com - 11/01/2023, 09:41 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 resmi dimulai. Tepatnya jalur pertama yang dibuka yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

Tahap awal SNBP 2023 dimulai dengan pembuatan akun SNPMB bagi sekolah dan siswa yang sudah dibuka sejak 9 Januari 2023.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek) Prof. Nizam mengatakan, seleksi masuk perguruan tinggi 2023 ini diikuti oleh perguruan tinggi negeri di lingkungan Kemendikbud Ristek dan beberapa perguruan tinggi negeri di lingkungan Kementerian Agama.

Pelaksanaan SNPMB 2023 ini ada beberapa transformasi. Salah satunya yakni seleksi masuk perguruan tinggi berbasis tes nantinya terintegrasi antara seleksi vokasi maupun akademik.

Baca juga: Cara Cek NISN dan NPSN untuk Daftar SNBP 2023

Transformasi SNPMB 2023 dinilai lebih efisien

Prof. Nizam menjelaskan, calon mahasiswa SMA/SMK sederajat cukup mendaftar sekali dan tes sekali nanti bisa memilih ke universitas, politeknik institut secara terbuka.

"Integrasi ini sangat efisien dari sisi penyelenggaraan bisa hemat waktu dan hemat biaya," kata Prof. Nizam dalam konferensi pers pembukaan pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Prof. Nizam menerangkan, transformasi penting lainnya yakni model tes masuk tidak lagi berbasis subyek mata pelajaran karena lebih terbuka.

Namun yang diukur adalah kesiapan belajar di perguruan tinggi hingga potensi belajar di perguruan tinggi. Transformasi ini khususnya pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

Prof. Nizam menjelaskan, pada SNBP 2023 karena berdasarkan prestasi maka yang dilihat  adalah prestasi dari para siswa SMA/SMK sederajat.

Baca juga: 6 Jurusan Favorit di Universitas Brawijaya, Rekomendasi di SNBP 2023

Ingatkan siswa dan sekolah segera buat akun SNPMB 2023

Serta kesiapan masuk perguruan tinggi berdasarkan prestasi, hasil belajar hasil karya dan aktivitas selama duduk di bangku sekolah menengah atas.

"Kami mengingatkan siswa dan sekolah, segera buat akun SNPMB dan mendaftar. Kalau tidak punya akun tidak bisa mendaftar baik di SNBP maupun SNBT 2023," beber Prof. Nizam.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbud Ristek Prof. Kiki Yuliati menambahkan, Kemendikbud Ristek mendorong penyatuan atau integrasi SNPMB 2023 pada vokasi maupun akademik adalah wujud dari kesatuan integrasi konsep Merdeka Belajar.

"Kami harap siswa SMA/SMK/MAN/MA secara lebih terbuka memilih lanjutan pendidikannya di perguruan tinggi," imbuhnya.

Kiki menyampaikan, bagi siswa SMA/SMK/MA di vokasi juga tersedia KIP Kuliah.

Pihaknya berharap bagi siswa yang berminat kuliah program D3-D4 yang ada di PTN ikut dalam proses SNPMB 2023 secara bersama-sama.

Baca juga: Cara Daftar Guru Penggerak Angkatan 9-10, Guru Sudah Daftar?

Calon mahasiswa juga tidak perlu bingung karena hanya mendaftar di satu tempat dan mengikuti seleksi di satu tempat pada waktu yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com