Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Jalur Mandiri Bisa Pakai KIP Kuliah 2023? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 07/01/2023, 06:45 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jadwal pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 hingga saat ini belum diketahui.

Bagi siswa yang akan mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 tentu menanti-nanti kapan pendaftaran KIP Kuliah 2023 dibuka.

Perlu kamu ketahui bahwa program KIP Kuliah tidak hanya bisa dipakai di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 atau dulu disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 atau dulu disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) saja.

Namun KIP Kuliah juga bisa dipakai untuk mendaftar di jalur mandiri baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Baca juga: Kapan Pendaftaran KIP Kuliah 2023? Cek Syarat dan Besaran Bantuan

Jadi jika ada pertanyaan, apakah jalur mandiri bisa pakai KIP Kuliah? Jawabannya adalah bisa. Karena pada pendaftaran KIP Kuliah 2022 juga telah diinformasikan bahwa KIP Kuliah bisa digunakan mendaftar di PTN di semua jalur seleksi dan juga mendaftar di PTS.

Jalur mandiri bisa daftar KIP Kuliah

Jika mengacu pada pendaftaran KIP Kuliah 2022, pendaftaran KIP Kuliah jalur mandiri dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2022 hingga 7 Oktober 2022.

Kemungkinan besar pendaftaran KIP Kuliah 2023 untuk jalur mandiri juga akan di rentang waktu tersebut.

Mengingat saat ini pelaksanaan SNBP 2023 sudah dimulai dan setelah pengumuman SNBP 2023 dilakukan menyusul pelaksanaan UTBK SNBT 2023 mulai bulan Februari-Juni 2023.

Siswa yang memantapkan hati mengikuti jalur mandiri di PTN maupun PTS bisa memanfaatkan program KIP Kuliah ini.

Baca juga: Politeknik Keuangan Negara STAN: Pilihan Prodi, Syarat Masuk, Biaya

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Siswa yang mendaftar KIP Kuliah 2023 untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi akan benar-benar diseleksi dan diverifikasi. Sehingga dinilai benar-benar layak mendapatkan KIP Kuliah.

Sehingga syarat prestasi pada KIP Kuliah penting karena untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Adanya program KIP Kuliah ini sangat membantu siswa berprestasi dari kalangan kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

Baca juga: Syarat Masuk STIN, Sekolah Kedinasan Milik BIN: Lulus Jadi CPNS

Besaran biaya pendidikan dan tunjangan hidup KIP Kuliah

Tidak hanya bisa kuliah gratis, mahasiswa penerima KIP Kuliah juga akan mendapatkan bantuan berupa tunjangan hidup.

Mahasiswa penerima KIP Kuliah akan menerima bantuan biaya hidup yang dapat digunakan sepenuhnya oleh mahasiswa untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama kuliah dan tidak boleh dimanfaatkan perguruan tinggi untuk tambahan biaya pendidikan apapun.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com